Tinta Tato Elektronik Ini Bisa untuk Pantau Detak Jantung

Telset.id, Jakarta – Tinta tato elektronik sedang dikembangkan tim peneliti dari Korea Advanced Institute of Science and Technology di Daejeon, Korea Selatan.

Tinta tato elektronik memungkinkan untuk memantau detak jantung, biomarker dalam keringat, dan banyak lagi. Dilansir Ubergizmo, di dalamnya terdapat logam.

Tantangan utama dalam perangkat elektronik yang dapat dikenakan adalah banyak orang tidak ingin “memakainya”. Namun, lain hal dengan tinta tato elektronik.

Dari jauh, ia seperti tinta abu-abu biasa, tapi terbuat dari karbon nanotube dan logam cair. Telset kutip pada Jumat (5/8/2022), ia dasarnya adalah bioelektroda.

BACA JUGA:

Tinta tersebut dimungkinkan untuk memantau detak jantung, biomarker dalam keringat, dan lain-lain. Sebab, di dalamnya terdapat logam yang bisa dipanaskan.

Tujuannya untuk memiliki efek fisioterapi, berfungsi melebarkan pembuluh darah, membawa lebih banyak darah guna mempercepat penyembuhan penderita.

Tinta itu mengedepankan kedekatan sensor dengan kulit. Tidak hanya nyaman dipakai, tinta juga berpotensi lebih menarik jika dilihat dari perspektif akurasi.

Para ilmuwan mengatakan, tinta terbuat dari bahan tidak beracun. Tinta bisa terlepas dengan sabun jika Anda ingin beralih ke desain baru atau menghapusnya.

Tinta tersebut lebih mirip cat yang diterapkan di kulit jika Anda melihat secara lebih dekat. Para ilmuwan melukis sirkuit elektronik ke kulit daripada menatonya.

Beberapa tim peneliti di seluruh dunia sedang mengerjakan konsep serupa. Para ilmuwan Israel dan Amerika Serikat tengah mengembankan tinta tato elektronik.

BACA JUGA: Ilmuwan Ciptakan Tato Pintar Pendeteksi Kesehatan

Jika temuan tersebut berkembang dengan berbagai manfaat serta fungsinya, manusia akan semakin mudah dalam mengecek permasalahan kesehatan di tubuh.

Bahkan, bukan tidak mungkin, tinta jenis itu bisa diterapkan oleh paramedis untuk mengatasi problem medis di rumah sakit maupun instansi kesehatan lain. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0