telset

Wow! Ada Terowongan Bawah Air di Samudera Atlantik

Telset.id, Jakarta  – Sebuah terowongan bawah air di Samudera Atlantik akan dibuka di Kepulauan Faroe. Jaringan terowongan Eysturoyar hampir sepanjang tujuh mil membentang di bawah fjord Skálafjørður, menghubungkan pulau Streymoy dan Eysturoy.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset, Rabu (9/12/2020), kontraktor NCC menyebut, jaringan terowongan dan bundaran bawah laut secara signifikan memangkas waktu perjalanan ke ibu kota Kepulauan Faroe Torshavn dari banyak lokasi.

{Baca juga: Paling Mengerikan! 7 Laut Terdalam di Dunia, Gelap dan Misterius}

Berdasarkan penjelasan Estunlar, yang mengawasi proyek tersebut, terowongan Samudera Atlantik itu akan mempersingkat waktu perjalanan dari Torshavn dan desa Runavik dari lebih dari 34 mil menjadi 10,5 mil. Titik terendah terowongan 613,5 kaki di bawah permukaan laut.

Pengerjaan terowongan dimulai pada 2016. “Terowongan Eysturoy akan dibuka pada 19 Desember 2020. Terowongan memiliki bundaran spektakuler di bawah Samudra Atlantik dan didekorasi oleh seniman Faroe terkenal ,Trondur Patursson,” kata Teitur Samuelsen, CEO Estunlar

Lingkaran lalu lintas bawah laut yang menakjubkan telah menarik banyak perhatian di media sosial. “Bundaran pertama di bawah Samudra Atlantik adalah bagian dari terowongan bawah laut baru sepanjang 11 kilometer,” cuit Kristina Hafoss, anggota parlemen.

Dalam proyek lain, konstruksi juga sedang berlangsung di terowongan Sandoyar, yang akan hampir sepanjang terowongan Eysturoyar ketika selesai pada 2023. Kedua terowongan tersebut adalah investasi infrastruktur terbesar dalam sejarah Kepulauan Faroe.

{Baca juga: Lapisan Es di Antartika Mencair, Bumi Terancam Tenggelam}

Terletak di Atlantik Utara, Kepulauan Faroe adalah negara dengan pemerintahan sendiri yang terletak di antara Skotlandia dan Islandia. Kepulauan Faroe ditemukan pada abad keenam dan berstatus wilayah otonomi Kerajaan Denmark sejak 1948.

Samudera Atlantik sendiri merupakan salah satu laut terdalam di Planet Bumi yang paling misterius. Tak ada yang benar-benar tahu mengenai apapun yang ada dan hidup di dasarnya.

Ketiadaan cahaya, tekanan yang sangat kuat, dan belum adanya teknologi yang bisa dimanfaatkan, membuat manusia belum bisa memastikan seluruh yang tersembunyi di bawah laut.

Hadirnya terowongan bawah laut ini tentunya sangat menakjubkan, jika melihat kondisi Samudera Atlantik yang dikenal ganas dan misterius. Apakah Anda tertarik ingin mengunjungi terowongan bawah laut ini?

Sebelumnya dikabarkan bahwa Samudera Atlantik mengalami suhu terpanas dalam hampir 3.000 tahun terakhir. Lonjakan suhu itu melampaui apa yang diharapkan, dan menjadi berita buruk bagi banyak kehidupan laut.

{Baca juga: Samudera Atlantik Alami Dekade Terpanas Dalam 3.000 Tahun}

Lautan yang lebih panas mengakibatkan cuaca menjadi sangat mengkhawatirkan, termasuk kehadiran badai yang semakin parah.

Samudera Atlantik mengalir antara Inggris dan Amerika Serikat, terus sampai ke Afrika. Samudera Atlantik adalah samudera terbesar kedua di dunia. Para ilmuwan pun penasaran melakukan riset di sana. [SN/H BS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0