Paling Mengerikan! 7 Laut Terdalam di Dunia, Gelap dan Misterius

Laut Terdalam di Dunia
7 Laut Terdalam di Dunia

Telset.id, Jakarta – Laut terdalam adalah salah satu bagian di Planet Bumi yang paling misterius. Tak ada yang benar-benar tahu mengenai apapun yang ada dan hidup di dasarnya.

Manusia tidak diciptakan untuk bisa menyelam hingga kedalaman belasan sampai puluhan kilometer di bawah permukaan laut.

Ketiadaan cahaya, tekanan yang sangat kuat, dan belum adanya teknologi yang bisa dimanfaatkan, membuat manusia belum bisa memastikan seluruh yang tersembunyi di bawah laut.

Berikut ini 7 laut terdalam di dunia yang gelap dan misterius, hanya sedikit makhluk yang bisa hidup di dasarnya.

1. Laut Palung Mariana

Laut Paling Dalam di Dunia
Palung Mariana

Sampai saat ini, Palung Mariana masih dianggap sebagai tempat terdalam yang ada di Bumi. Palung yang berada di Samudra Pasifik ini memiliki kedalaman nyaris 11.000 meter atau tepatnya, 10. 924 meter.

Terletak di dekat Jepang, Palung Mariana terbentuk dari aktivitas gunung vulkanik. Belum lama ini tim peneliti dari Amerika Serikat menyelam hingga hampir ke dasarnya. Selain bertemu beberapa jenis makhluk hidup, para ilmuwan juga menemukan sampah plastik.

2. Laut Puerto Rico

Laut Paling Misterius
Laut Puerte Rico

Terletak di antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik, palung Puerto Rico termasuk laut terdalam di dunia, dengan kedalaman mencapai 8.376 meter di bawah permukaan laut.

Sebagai salah satu laut terdalam di Bumi, Palung Puerto Rico mendapat banyak perhatian dari para peneliti. Mereka mencoba mencari tahu mengenai makhluk yang hidup di laut dalam dan dampak aktivitas manusia terhadap kehidupan laut.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Mengatasi WhatsApp Error, Kenali Penyebabnya

3. Laut Terdalam Cayman Way

Laut Termisterius
Cayman Way

Karibia memang terkenal sangat misterius, tak heran jika tempat ini memiliki banyak kisah bajak laut. Salah satu bagian yang paling ekstrem di Laut Karibia adalah palung laut Cayman Way. Palung ini termasuk laut terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 7.686 meter.

Meski cukup menyeramkan, laut dalam Karibia kerap dijadikan objek wisata bagi orang-orang yang gemar menyelam. Sayangnya, Laut Karibia tercemar oleh limbah manusia. Ribuah bahkan mungkin jutaan ton plastik menumpuk di lautan tersebut.

4. Laut Jawa

Laut Terdalam di Bumi
Laut Jawa

Sebagai negara yang dikelilingi oleh lautan, Indonesia pun memiliki wilayah laut terdalam di dunia, yakni Laut Jawa. DI tempat yang masih menjadi bagian dari Samudra Hindia ini, terdapat palung dengan kedalaman mencapai 7.258 meter.

Kedalaman dan sisi misterius dari palung ini pun mengundang banyak peneliti untuk melihat lebih dekat kehidupan yang terdapat di dasar palung Jawa. Tim peneliti yang baru saja menyelami Palung Mariana berencana menjelajahi palung lain yang ada di Bumi, termasuk Palung Jawa.

Baca Juga: 3 Gadget yang Cocok Temani Olahraga Rutin di Rumah

5. Laut Terdalam Antartika

Laut Paling Misterius di Planet Bumi
Samudra Antartika

Tempat yang terletak di Kutub Selatan ini juga memiliki laut terdalam di Bumi. Demi menyelam ke titik terdalam Samudra Atlantik, seseorang perlu menempuh jarak sejauh 7.236 meter.

Eksplorasi terhadap Samudra Antartika terbilang masih sedikit, karena medan yang harus ditempuh dan suhu di lokasi sangat ekstrem. Di Antartika, suhu dapat mencapai minus belasan hingga puluhan derajat.

6. Laut Mediterania

Tempat Paling Misterius di Bumi
Laut Mediterania

Menjadi perbatasan bagi tiga dunia, yakni Afrika, Asia, dan Eropa, tentu membuat Laut Mediterania memiliki titik terdalam. Bahkan, titik terdalamnya disebut sebagai salah satu laut paling misterius di dunia, dengan kedalaman 5.627 meter.

Selain itu, Laut Mediterania yang memiliki luas 2,5 juta kilometer juga dinobatkan sebagai salah satu laut terluas di dunia. Sejak dulu hingga saat ini, Laut Mediterania menjadi gerbang bagi negara-negara di tiga benua tersebut untuk saling berinteraksi.

Baca Juga: Singapura Manfaatkan SwabBot untuk Tes Swab Otomatis

7. Laut Terdalam Arktik

Tempat Paling Dalam di Dunia
Laut Arktik

Jika tadi sudah ada perwakilan dari Kutub Selatan, sekarang saatnya delegasi dari Kutub Utara. Laut Basin yang terletak di dekat Pulau Bafin ini juga termasuk ke dalam daftar laut paling misterius di Bumi.

Laut ini masih menjadi bagian dari Samudra Arktik, dan menjadi salah satu perbatasan bagi dua benua yaitu Amerika dan Eropa. Titik terdalam Laut Basin mencapai 5.526 meter di bawah permukaan laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here