Smartphone Bisa “Disulap” untuk Kloning Kunci Rumah

Smartphone kunci rumah

Telset.id, Jakarta  – Laporan terbaru menyebut smartphone bisa dieksploitasi untuk mengkloning kunci rumah. Para peneliti di National University of Singapore telah membuat program khusus via perangkat pintar.

Kita semua memang pernah mendengar tentang kunci yang dikloning. Namun, hal itu biasanya selalu melibatkan orang  lain yang mengambil kunci Anda, kemudian membuat cetakan, dan akhirnya membuatnya ulang.

{Baca juga: Update watchOS, Apple Watch Terbaru Bisa Buka Kunci Mobil}

Artinya, apabila tidak pernah melepaskan kunci dari pandangan, Anda biasanya akan aman. Akan tetapi, sekarang, model pengkloningan tidak seperti itu lagi. Semua berkat penelitian yang dilakukan oleh para peneliti.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (24/8/2020), para peneliti di National University of Singapore membuat program inovatif yang bisa digunakan bersama dengan mikrofon smartphone Anda.

Program tersebut dapat mengkloning kunci Anda. Cara kerjanya, saat Anda memasukkan kunci ke dalam kunci pintu, mikrofon smartphone akan menangkap suara yang dihasilkan oleh pin ketika bagian kunci bergerak.

Suara itu, mereka menjelaskan, kemudian diinterpretasikan oleh aplikasi untuk mengetahui pola di pinggiran kunci sehingga bisa menghasilkan satu set kunci yang sangat mirip dengan kunci yang selama ini Anda gunakan.

{Baca juga: Tips Canggih Mengamankan Rumah Saat Liburan}

Para peneliti juga mencari potensi untuk mengeksploitasi sistem bel pintu pintar. Alih-alih mikrofon smartphone, mereka juga dapat menggunakan mikrofon dari sistem bel pintu pintar untuk menangkap suara.

Bicara soal kunci rumah dari gadget, sebelumnya juga dikabarkan jam tangan pintar Apple Watch sekarang juga bisa dipakai untuk membuka kunci pintu mobil. Apple telah merilis update watchOS ke versi watchOS 6.2.8 bagi perangkat Apple Watch terbaru.

Sebelumnya, telah terdengar kabar bahwa Apple akan memungkinkan perangkat buatannya menjadi kunci mobil digital. Para pengguna bisa memakainya untuk membuka kunci pintu mobil dan lainnya.

Sekarang, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Sabtu (18/07/2020), Apple telah merilis update watchOS untuk Apple Watch. Apple memperbaruinya ke versi terkini, yakni watchOS 6.2.8.

Pengguna bisa memanfaatkan Apple Watch untuk membuka kunci pintu mobil. Kendati demikian, ada ada beberapa faktor yang perlu pengguna ketahui sebelum menerapkan fungsi baru tersebut.

Pertama, belum semua mobil kompatibel. Saat ini, hanya BMW 5 Series 2021 yang mendukung fitur kunci mobil digital Apple Watch. Kedua, fungsi itu baru bisa diterapkan di Apple Watch Series 5.

Bagaimana cara memakainya? Naiklah ke mobil dan ketuk dengan Apple Watch untuk membuka kunci pintu. Fungsi serupa juga bisa dilakukan melalui smartphone iPhone dengan versi iOS 13.6. [SN/HBS]

SOURCEUbergizmo
Previous articleFacebook Bakal Musnahkan Semua Iklan Politik Pascapilres AS
Next articleMinta Bantuan Hakim, Apple Ogah Fortnite Nongol di App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here