telset

Tips Canggih Mengamankan Rumah Saat Liburan

Telset.id, Jakarta – Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk pergi berlibur, tentu bukan hal yang mudah. Selalu ada saja perasaan cemas atau tidak aman.

Entah itu takut rumah “didatangi” orang, kebakaran, dan sebagainya. Karenanya, beragam cara pun dilakukan untuk menjamin keamanan, agar saat liburan bisa lebih tenang.. Benaran Bisa?

Tidak ada yang tidak mungkin, apalagi di jaman yang serba canggih seperti saat ini.  Dimana teknologi telah banyak dibenamkan pada banyak hal, termasuk sistem keamanan rumah.

{Baca juga: YouTuber Rusia Bikin Replika Tesla Cybertruck, Harganya?}

Nah, buat Anda yang ingin pergi liburan, beberapa tips canggih ini mungkin bisa diaplikasikan di rumah anda.

1. Pasang CCTV

CCTV bukan gadget baru di ranah keamanan. Dengan memasang ini, kita bisa memantau sekeliling rumah, walaupun sedang berpergian jauh.

Tidak perlu cemas soal kemampuan aksesnya, karena seiring perkembangan teknologi, CCTV kini bahkan bisa diakses lewat smartphone. Harganya pun semakin terjangkau, mulai dari Rp 300 ribuan. So, liburan tidak perlu cemas lagi, bukan?

2. Lampu Sensor/ Lampu Control

Mematikan dan menyalakan lampu saat kita sedang bepergian atau pergi liburan ke tempat yang jauh bisa menjadi isu tersendiri. Alangkah baiknya jika kita memiliki tetangga yang bisa dimintai tolong untuk melakukan itu.

Namun, alih-alih meminta bantuan tetangga, kini kita bisa menggunakan fiting lampu yang memiliki sensor cahaya. Dengan begitu, saat kondisi gelap lampu akan secara otomatis menyala.

Jika memiliki dana lebih, Anda juga bisa menggunakan lampu pintar yang dapat terhubung dengan internet.

Jadi ketika Anda berada di luar rumah, lampu tetap dapat dinyalakan dan dimatikan hanya dengan menggunakan smartphone.

3. Pasang Alarm Asap Pintar

Keamanan rumah tentu tak hanya sekedar aman dari maling atau orang jahat, bukan? Adakalanya kita juga harus berurusan dengan yang namanya bencana.

Kebakaran, misalnya. Untuk itu, ada baiknya jika rumah dibekali sensor alarm pendeteksi asap.

{Baca juga: Anti Mati Gaya! 5 Gadget Ini Wajib Dibawa Saat Liburan}

Dengan sensor ini, kemunculan asap di rumah akan bisa segera diantisipasi, sebelum akhirnya sensor mengirimkan peringatan melalui aplikasi ponsel.

Memang, ini tidak bisa mencegah terjadinya kebakaran, tapi deteksi dini paling tidak bisa mengurangi dampak dari kebakaran tersebut. Diamping bisa segera diatasi.

4. Gunakan Kenop Pintu Pintar atau Smart Lock

Sering dibuat was-was dengan kondisi pintu rumah, apakah sudah terkunci dengan baik atau belum? Semua orang pernah merasakannya.

Sebab itu, penggunaan Smart Lock dinilai penting. Paling tidak bagi beberapa orang. Saat ini, sudah banyak smart lock atau kenop pintu pintar yang tersedia untuk menjamin keamanan rumah.

Dengan smart lock, pintu rumah akan terkunci secara otomatis saat kita pergi. Selain itu, koneksi Wi-Fi juga memungkinkan kita bisa melihat apakah pintu rumah sudah terkunci dengan baik atau belum.

Atau jika ada yang butuh untuk masuk ke rumah saat kita berada di luar, kita juga bisa membukakan pintu hanya lewat smartphone. Praktis kan?

5. Gunakan Smart Pet Feeder

Bagi yang punya hewan peliharaan, pastinya akan repot saat harus meninggalkannya pergi liburan. Apalagi jika tidak ada yang menjaga, bisa-bisa hewan kesayangan kita mati kelaparan.

Beruntung, saat ini sudah ada teknologi yang dipanggil Smart Pet Feeder. Dengan mesin pakan pintar yang dapat terhubung dengan internet ini, hewan kesayangan tetap bisa makan dan minum teratur meski ditinggal liburan.

Kita juga dapat mengatur jadwal makan si hewan, atau mengontrol mesin pakan dari jauh. Biasanya smart pet feeder ini juga dilengkapi dengan kamera pemanatau.

Dengan begitu, kita bisa memantau hewan peliharaan secara realtime melalui smartphone. Bahkan saat kita sedang liburan di tempat yang jauh. [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0