Singapura akan Ajari Siswa Sekolah Cara Menggunakan ChatGPT

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Singapura memiliki cara yang menarik, dalam menanggapi kehadiran teknologi ChatGPT. Singapura berencana untuk mengajarkan para siswa cara menggunakan ChatGPT, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Singapura saat ini menjadi negara pertama di dunia yang mendukung penerapan teknologi AI seperti ChatGPT ke dalam sistem pendidikannya. Pasalnya Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing mengatakan kepada parlemen negara itu bahwa pihaknya sudah membuat tim yang terdiri dari ahli pendidikan dan juga guru.

Mereka ditugaskan untuk berdiskusi dan mengeksplorasi penggunaan alat AI seperti ChatGPT guna meningkatkan pembelajaran di kalangan siswa.

Dari hasil diskusi tersebut, akan muncul panduan untuk membimbing guru di ruang kelas, terkait cara menggunakan ChatGPT, untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

Setelah itu, para guru di Singapura pun bisa mengajarkan hal serupa, kepada siswa agar mereka bisa lebih bijaksana dalam menggunakan ChatGPT.

BACA JUGA:

Menteri Chan Chun Sing menilai kalau ChatGPT dapat menjadi alat yang berguna untuk belajar hanya ketika siswa telah menguasai konsep dasar dan keterampilan berpikir. Hal ini yang menjadi alasan mengapa, mengapa Singapura membekali siswa dengan keterampilan menggunakan alat AI secara bertanggung jawab.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Rabu (22/02/2023), Chan menjamin kalau penggunaan ChatGPT di sekolah, tidak akan menimbulkan praktik kecurangan dalam ujian atau tes lainnya.

Sebab, mode penilaian di negara tersebut sangat ketat. Misalnya untuk lulus perguruan tinggi, para siswa harus mengerjakan ujian, presentasi, dan proyek yang kesemuanya memerlukan analisis, catatan lapangan dan pengamatan yang detail. Sesuatu yang sulit dilakukan oleh teknologi AI.

“Ada keterampilan seperti pembelajaran mandiri dan kolaboratif serta pemikiran inventif yang tidak mudah digantikan oleh alat teknologi, tetapi diperoleh melalui peran kepemimpinan, pekerjaan proyek inter disipliner, dan pembelajaran berdasarkan pengalaman,” ungkap Chan.

BACA JUGA:

Belum diketahui kapan implementasi kebijakan untuk mengajari guru dan siswa menggunakan ChatGPT, diterapkan. Namun, rencana yang berani ini harus diapresiasi dan bisa saja ditiru oleh negara lain. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI