SpotMini, Robot Anjing yang Bisa Jadi “Mandor” Bangunan

Telset.id, Jakarta –  Boston Dynamics kembali merilis video yang memperlihatkan aksi robot anjing SpotMini buatan mereka. Dalam video itu diperlihatkan SpotMini secara otonom berjalan di sekitar lokasi konstruksi di Tokyo.

Menurut Boston Dynamics, robot anjing buatan mereka ini memang diciptakan untuk kebutuhan komersial di masa depan, khususnya dibidang konstruksi.

Robot ini tampak membawa peralatan khusus yang dapat digunakan untuk mensurvei kemajuan kerja. Selain itu, robot SpotMini juga dilengkapi kamera di tangannya untuk melakukan pemeriksaan rinci.

Boston Dynamics  yang dimiliki oleh Softbank, mengatakan bahwa SpotMini dalam tahap pra-produksi dan akan dibuat secara massal sekitar 100 unit robot pada tahun depan.

Dikutip Telset.id dari CNBC, SpotMini akan mulai tersedia dan sudah dapat dibeli pada paruh kedua tahun 2019 untuk berbagai aplikasi.

Robot berwujud seperti seekor anjing ini merupakan versi baru dari robot SpotMini yang pernah dibuat Boston Dynamics sebelumnya.

SpotMini sendiri pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2016. Saat pertama diperkenalkan pada setahun yang lalu, SpotMini versi pertama memiliki tubuh yang lebih besar dan leher yang panjang mirip Jerapah.

Baca juga: Robot Anjing Ini Bisa Bantu Bersihkan Rumah

Dengan leher panjangnya itu, SpotMini dapat mengerjakan beberapa pekerjaan di rumah, seperti mencuci piring, membuang sampah, dan bisa menaiki tangga. Lucunya, robot ini diuji keseimbangannya dengan sengaja dibiarkan jatuh terpeleset karena kulit pisang.

Tapi nampaknya Boston Dynamics sadar kalau robot SpotMini versi awal yang mirip jerapah itu kurang menarik, karena akan terlihat “mengerikan” saat melakukan tugas-tugas di rumah. Karena itulah kemudian mereka membuat robot yang bentuknya lebih ‘ramah’ dan kecil dalam wujud robot anjing.

Sebelumnya, pada Kamis (11/10) lalu, perusahaan desain engineering dan robotika Boston Dynamics juga merilis sebuah video robot humanoidnya, Atlas yang memiliki kemampuan baru.

Robot Atlas, kini memiliki kemampuan parkour. Robot Humanoid ini telah belajar untuk berlari, melakukan backflips, dan kini ia mampu melompati rintangan dan secara dinamis menggeser beratnya ketika melompat dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga: Keren, Robot Humanoid Atlas Kini Bisa Parkour

Dengan kemampuan barunya ini, Atlas menunjukan bahwa tidak ada yang tidak bisa dia lakukan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Sejak pertama kali diungkap ke publik pada tahun 2013, Atlas terus meningkatkan lebih banyak keterampilan, melampaui tonggak masa lalu karena kini Atlas menjadi lebih mirip manusia.

Sumber: CNBC

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here