Telkomsel Berhasil Uji Coba 5G di Batam

Telset.id, Jakarta Telkomsel berhasil melakukan uji coba jaringan 5G untuk sektor industri. Uji coba tersebut dilakukan dalam acara “Telkomsel 5G for Industry 4.0di Kantor Telkomsel Smart Office Batam pada Kamis (28/11/2019).

Acting CEO Telkomsel, Heri Supriadi mengatakan bahwa jaringan 5G sangat penting dalam pengembangan Industry 4.0 di Indonesia. Alasannya karena jaringan tersebut dapat meningkatkan produktivitas industri dengan kecepatan internet yang ditawarkan.

“Teknologi seluler generasi ke lima ini diyakini akan menjadi faktor yang penting di era revolusi Industry 4.0, karena  akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri, sekaligus memperkuat daya saing bangsa,” ujar Heri lewat keterangan tertulis pada Jumat (30/11/2019).

{Baca juga: Gaspol! 4G Telkomsel Lintasi Jalur Tol Trans Sumatera}

Uji coba jaringan 5G untuk segmen industri ini juga merupakan upaya Telkomsel dalam mengakselerasikan kesiapan ekosistem sehingga dapat mengadopsi teknologi 5G. Sedangkan Kota Batam dipilih karena kota tersebut merupakan kawasan industri perdagangan internasional terpadu.

Dalam menghadirkan uji coba 5G untuk para pelaku industri, Telkomsel berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), sehingga uji coba dilakukan sesuai dengan standar 5G NR (New Radio) yang ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP).

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Ericsson untuk menghadirkan beberapa use-case atau implementasi teknologi terkait penyediaan solusi layanan sektor industri yang terintegrasi dengan layanan jaringan 5G.

{Baca juga: Telkomsel Terus Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia}

 Sejumlah  use-case tersebut terdiri dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, dan  Industry 4.0 Enabler.

Selain itu, Telkomsel juga berhasil melakukan panggilan telepon seluler menggunakan fitur video call berbasis aplikasi pertama di Indonesia dengan menggunakan jaringan 5G, yang didukung oleh perangkat smartphone 5G dari Oppo.

“Penyelenggaraan Telkomsel 5G for Industry 4.0 dapat mendorong Indonesia agar menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia pada 2030,” tutup Heri. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI