Hanya Berjarak 3 KM, Dua Pulau Ini Berbeda Waktu 20 Jam, Kok Bisa?

Telset.id, Jakarta – Pulau Big Diomede (Diomede Besar) dan Little Diomede (Diomede Kecil) hanya berjarak 4,8 kilometer, tetapi punya perbedaan waktu 20 jam. Kok bisa begitu ya?

Pulau berdekatan tersebut bisa mempunyai perbedaan waktu hingga 20 jam lantaran “terpisahkan” oleh International Date Line atau Garis Tanggal Internasional.

Seperti Telset kutip dari India Times, Selasa (6/9/2022), pulau Big Diomede tercatat 21 jam lebih cepat daripada Little Diomede. Keduanya pun memiliki julukan.

BACA JUGA:

Big Diomede sekarang lebih dikenal sebagai Tomorrow Island, sedangkan Little Diomede berjuluk Yesterday Isle. Fakta tentang keduanya diunggah di akun TikTok.

Video mengenai keunikan perbedaan Big Diomede dan Little Diomede diposting Content Dropped di Tik Tok dengan judul “Ada beberapa tempat aneh di dunia.”

Menurut CN Traveler, pada 1867, ketika Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia, ada perjanjian menggunakan dua pulau kecil sebagai patokan untuk perbatasan.

Perbatasan akan membagi Pulau Krusenstern atau Ignalook dari Pulau Ratmanov atau Noonarbook, secara sama jauh, dan ke utara tanpa batasan, ke lautan Beku.

Pulau-pulau itu dinamai oleh navigator Denmark-Rusia Vitus Bering, yang kali pertama melihatnya pada 16 Agustus 1728. Ia memutuskan untuk menamainya.

Ia memberinya nama santo Yunani Diomede. Seiring perkembangan zaman, muncullah dua nama, yakni Big Diomede dan Little Diomede yang punya fakta unik.

Setelah penjelasan tentang itu dibagikan di TikTok, banyak pengguna media sosial kaget mengetahui perbedaan waktu antara Big Diomede dan Little Diomede.

Beberapa pengguna berbagi ide soal bagaimana perbedaan waktu mencolok dapat mengubah acara reguler dengan cara belum pernah dialami sebelumnya.

Termasuk di Indonesia, orang-orang tak percaya mengetahui ada pulau hanya berjarak 4,8 kilometer, tetapi mempunyai perbedaan waktu mencolok 20 jam.

BACA JUGA:

Fakta tersebut pun menambah pengetahuan dan wawasan mengenai hal-hal unik di dunia yang nyata-nyata ada, tetapi selama ini kurang diketahui orang-orang. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0