Nicole Aunapu Mann, Wanita Suku Indian Pertama yang ke Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – Astronot NASA, Nicole Aunapu Mann akan menjadi wanita “pribumi” Amerika dari suku Indian pertama yang akan ke luar angkasa. Mann akan bergabung dengan misi SpaceX Crew-5 NASA, sebagai komandan pesawat ruang angkasa Dragon.

Wanita Indian pertama yang ke luar angkasa itu akan bertanggung jawab untuk semua fase penerbangan, mulai peluncuran hingga kembali ke Bumi, serta insinyur penerbangan.

Menurut Indian Country Today yang dilansir New York Post, Nicole Aunapu Mann berasal dari Petaluma, California, adalah anggota Wailacki dari Suku Indian Round Valley di California Utara.

“Ini sangat menarik, karena saya pikir penting bagi kita untuk mengomunikasikan hal ini kepada komunitas kita, sehingga anak-anak pribumi (Indian) tidak lagi berpikir hal ini (menjadi astronot ke luar angkasa) tidak mungkin, karena beberapa hambatan yang dulu ada benar-benar mulai diruntuhkan,” ujar Nicole Mann, dikutip Telset dari New York Post.

BACA JUGA:

Nicole Aunapu Mann wanita indian
Nicole Aunapu Mann menjadi wanita Indian pertama yang ke luar angkasa (NY Post)

Nicole Mann mengatakan kepada ICT bahwa dia berencana untuk membawa “penangkap mimpi” yang diberikan ibunya, serta cincin kawin dan hadiah kejutan yang direncanakan keluarganya untuk dia.

Ekspedisi tersebut akan menjadi penerbangan luar angkasa pertama Mann sejak menjadi astronot pada 2013, ketika dia terpilih sebagai salah satu dari delapan anggota kelas astronot NASA ke-21.

Mann juga seorang Kolonel di Korps Marinir. Dia memiliki banyak penghargaan, termasuk dua Medali Udara, dua Medali Penghargaan Angkatan Laut dan Korps Marinir dan Penghargaan Keselamatan Stephen D. Thorne NASA 2015.

Dalam misi tersebut, Mann akan bergabung dengan sesama astronot NASA Josh Cassada, astronot Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang Koichi Wakata dan kosmonot Roscosmos Anna Kikina.

Nicole Aunapu Mann
Nicole Aunapu Mann akan bergabung dengan misi SpaceX Crew-5 NASA, sebagai komandan pesawat ruang angkasa Dragon

BACA JUGA:

Roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Dragon Endurance dijadwalkan diluncurkan paling lambat 29 September dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida.

Jika Mann menjadi wanita asli Indian pertama yang ke luar angkasa, maka John Herrington menjadi pria asli Amerika atau dari suku Indian pertama yang terbang ke luar angkasa pada tahun 2002.

Saat itu, Herrington yang terdaftar sebagai anggota dari Chickasaw Nation, membawa bendera negara dan seruling tradisional dalam perjalanannya selama 13 hari ke luar angkasa. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0