Dua Astronot NASA dengan Roket SpaceX Telah Berlabuh di ISS

Telset.id, Jakarta – Dua astronot NASA yang meluncur ke orbit menggunakan roket SpaceX berhasil berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hanya 19 jam setelah lepas landas pada Sabtu (30/05/2020) sore waktu setempat.

Roket Falcon 9 SpaceX meluncur ke orbit dari Kennedy Space Center, Florida Amerika Serikat. Dua astronot NASA, Doug Hurley dan Bob Behnken, melakukan perjalanan bersejarah menggunakan jasa pesawat antariksa milik SpaceX.

Doug Hurley dan Bob Behnken mengacungkan jempol setelah kapsul Dragon terbaru secara otomatis merapat ke ISS tanpa bantuan pada Minggu (31/05/2020), pukul 10.16 pagi, beberapa menit lebih awal dari yang direncanakan.

{Baca juga: Roket SpaceX Sukses Bawa Astronot NASA ke Orbit}

Menurut New York Post, seperti dikutip Telset.id, Selasa (02/06/2020), misi tersebut merupakan yang pertama dalam hampir satu dekade terakhir. Untuk kali pertama, pesawat ruang angkasa buatan perusahaan membawa astronot ke stasiun ISS.

Sesampai di ISS, Doug Hurley dan Bob Behnken bergabung dengan rekan astronot lain yang juga berasal dari NASA, Chris Cassidy, serta dua kosmonot Rusia, Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner, yang telah berada di orbit sejak April 2020 lalu.

Peluncuran roket SpaceX dari Kennedy Space Center disaksikan secara langsung oleh Presiden Donald Trump, dan Wakil Presiden Mike Pence. Trump dan para pejabat bersorak saat mesin roket dihidupkan dan bersiap untuk meluncur.

Peluncuran berlangsung sukses. Roket Falcon 9 naik perlahan-lahan saat awal peluncuran, lalu mulai melesat menembus langit Florida yang hari itu cenderung mendung, dan berhasil menembus atmosfer dan menuju orbit.

Usai peluncuran, Donald Trump memuji CEO SpaceX, Elon Musk sebagai sosok yang hebat. Menurut orang nomor 1 di negeri Paman Sam tersebut, Elon Musk adalah sosok yang hebat dan pintar.

{Baca juga: Roket SpaceX Berhasil Meluncur, Trump Puji Elon Musk}

“Saya berbicara dengannya sepanjang waktu. Pria yang hebat. Dia adalah salah satu dari otak kita yang hebat, kita suka otak yang hebat, dan Elon melakukan pekerjaan yang fantastis,” kata Trump.

Selain itu Trump juga memuji kolaborasi antara SpaceX dan NASA sehingga berhasil meluncurkan Roket Falcon 9 dan membawa astronot Bob Behnken dan Doug Hurley ke luar angkasa. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI