Roket SpaceX Sukses Bawa Astronot NASA ke Orbit

SpaceX NASA Amerika Serikat Orbit

Telset.id,Jakarta – SpaceX mencatat prestasi dalam dunia penerbangan ke luar angkasa. Perusahaan pimpinan Elon Musk tersebut sukses membawa dua astronot NASA untuk terbang ke orbit melalui Roket Falcon 9 buatan SpaceX.

Dilansir Telset.id dari NY Times pada Minggu (31/05/2020), SpaceX menggunakan Roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon untuk membawa dua astronot NASA asal Amerika Serikat yakni Doug Hurley dan Bob Behnken. Roket Falcon 9 meluncur pada Sabtu (30/05/2020) sekitar pukul 15:22 waktu setempat di Kennedy Space Center, Florida Amerika Serikat.

Peluncuran tersebut dilihat langsung oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan kerumuman penonton. Trump dan penonton lainnya bersorak kencang ketika mesin roket dihidupkan dan ketika roket akan meluncur.

{Baca juga: Hari Ini Roket SpaceX Meluncur Bawa Dua Astronot NASA}

Peluncuran pun berlangsung sukses. Roket Falcon 9 naik perlahan-lahan saat awal peluncuran, lalu mulai melesat menembus langit Florida yang cenderung mendung. Roket Falcon 9 pun berhasil menembus atmosfer dan menuju orbit.

Momen peluncuran roket milik SpaceX tersebut dianggap sebagai momen kemenangan dan nostalgia bangsa Amerika Serikat. Apalagi saat ini Amerika Serikat sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 serta ketidakpastian ekonomi yang muncul akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Peluncuran Falcon 9 ke orbit menjadi prestasi tersendiri bagi NASA. Pasalnya sejak Pesawat Ulang-aling NASA pensiun pada tahun 2011, NASA selalu meminta bantuan Rusia untuk mengangkut astronot mereka ke Stasiun Ruang Angkasa.

{Baca juga: Satelit Starlink SpaceX Sempat Dikira UFO}

Untuk itu dengan keberhasilan SpaceX mengangkut dua astronot NASA, maka besar kemungkinan SpaceX akan menjadi mitra NASA untuk membawa astronot ke luar angkasa. Rencananya Doug Hurley dan Bob Behnken akan sampai di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Minggu pagi waktu setempat. [NM/IF]

1 COMMENT

  1. ayo teman-teman jangan lupa bergabung di sbohoki karena di tempat kita lagi banyak permainan baru yang belum ada di tempat lain nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here