Setelah ke Bulan, NASA Berencana Kirim Astronaut ke Mars

Telset.id, Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA berencana untuk melakukan misi ke Mars. Rencananya mereka akan mengirimkan 2 astronaut ke planet tersebut.

Dilansir Telset dari IFL Science pada Minggu (22/5/2022), Deputi Administrator NASA Pam Melroy mengatakan pihaknya telah meminta masukan dari akademisi dan mitra internasional dalam merancang misi pengiriman astronaut ke Mars.

Rencangan misi ke Mars ada kaitannya dengan misi ke Bulan, karena rancangan misi akan diuji di Bulan terlebih dahulu sebelum akhirnya dilakukan di planet Mars.

“Kami akan mengembangkan cetak biru ini, dan mempraktikkannya di Bulan, dengan tujuan mendemonstrasikannya di Mars,” ujar Pam.

NASA mengaku telah menentukan 50 agenda saat di Mars serta memberikan garis besar dari jenis misi yang mungkin bisa tercapai.

Kemudian NASA ingin menjadikan misi ke Mars adalah misi yang bisa dilakukan berulang kali dengan mudah seperti Misi Apollo. Misi yang dinilai sukses karena mampu membuat manusia mendarat di Bulan 6 kali berturut-turut dengan cepat.

Baca juga: NASA “Goda” Alien dengan Kirim Foto Telanjang dan Peta Bumi

“Kami ingin secara berkala melakukan misi ini setiap tahun. Jadi kami bisa memaksimalkan ilmu, memaksimalkan pemanfaatan sistem kami,” kata administrator asosiasi NASA Jim Free.

Untuk astronaut yang dikirim, NASA ingin mengirimkan 4 astronaut, di mana 2 astronaut akan berada di orbit, sementara 2 lainnya akan mengunjungi permukaan Mars.

“Untuk sampai di sana, cetak biru membayangkan 2 awak yang tersisa di orbit sementara 2 lainnya mengunjungi permukaan Mars,” sambungnya.

Misi akan berlangsung selama 30 hari. Nantinya akan ada pesawat kargo seberat 25 ton yang dikirim terlebih dahulu, untuk memastikan para astronaut memiliki bekal saat mereka mendarat.

Baca juga: NASA Bagikan Tiket Gratis “Plesiran” ke Bulan

Selain bekal, dikirim juga pesawat yang dapat digunakan astronaut agar bisa kembali ke Bumi dengan aman.

Harus diakui misi ke Mars selama 30 hari tergolong singkat. Namun hal tersebut harus dilakukan mengingat jika astronaut tinggal lebih lama, dikhawatirkan mereka sulit untuk kembali ke Bumi.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan misi ini akan dilakukan. Kemungkinan misi baru dilakukan usai NASA selesai menjalankan Misi Artemis 3 yang merupakan misi mendaratkan astronaut ke Bulan. Adapun Misi Artemis 3 akan berlangsung pada tahun 2025 mendatang. [NM/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0