Jepang Gunakan “Monster Serigala” untuk Halau Beruang Liar

Telset.id, Jakarta – Sebuah kota di Jepang telah mengerahkan robot monster serigala untuk menakut-nakuti beruang liar yang telah menjadi gangguan dan semakin berbahaya di pedesaan.

Adalah kota Takikawa di pulau utara Hokkaido, yang memutuskan untuk membeli dan memasang sepasang robot monster serigala tersebut. Hal itu dilakukan setelah beruang liar ditemukan berkeliaran di lingkungan setempat pada September 2020 lalu.

Menurut laporan Reuters, seperti dikutip Telset, pejabat Kota Takikawa mengatakan, sejak robot monster serigala dipasang, beruang liar tidak lagi menampakkan diri.

Penampakan beruang liar di Jepang paling banyak terjadi sekitar lima tahun lalu. Sebagian besar beruang liar berkeliaran di daerah pedesaan di negeri itu, yang berlokasi di bagian barat dan utara.

{Baca juga: Hiii… SpaceX Terbangkan Monster Tikus ke Luar Angkasa}

Pada 2020, telah terjadi lusinan serangan beruang liar. Dua diantaranya berakibat fatal. Pemerintah pun mengadakan pertemuan darurat pada bulan lalu untuk mengatasi ancaman dari beruang liar.

monster serigala

Robot bernama “’Monster Wolf” tersebut berbulu lebat dengan empat kaki, surai pirang, dan mata merah menyala. Saat detektor gerak diaktifkan, ia menggerakkan kepala dan mengedipkan lampu.

Ia juga mengeluarkan 60 suara berbeda, mulai lolongan serigala hingga suara mesin. Pembuat robot monster serigala, Ohta Seiki, mengaku telah menjual sekitar 70 unit sejak dua tahun lalu atau 2018.

{Baca juga: Robot Tentara Bersenjata akan Perkuat Inggris Pada 2030}

Pejabat Kota Takikawa mengatakan, beruang menjadi lebih aktif dan berbahaya saat mencari makanan sebelum hibernasi pada akhir November. Mereka biasanya kehabisan stok makanan di bulan tersebut.

Jepang juga Punya Robot Gundam Raksasa

robotSebelumnya, robot raksasa lainnya telah dibuat oleh sebuah perusahaan di negeri Sakura. Robot ini diambil dari kartun anime populer, Gundam. Robot “Gundam” raksasa ini memiliki berat 55.000 pon dengan tinggi 59 kaki.

“Mesin raksasa” itu menjulang di atas sebuah pabrik di Yokohama di luar Tokyo. Ia menggerakkan lengan, kaki, dan tubuh tanpa kesulitan. Bahkan, robot tersebut bisa berlutut.

Robot raksasa ini dibangun di atas kerangka mekanis, Berlokasi di Dermaga Yamashita Yokohama, robot Gundam telah dikerjakan sejak enam tahun lalu atau 2014. Ia bahkan diberkati oleh pendeta Shinto selama upacara tradisional jotoshiki sebelum kepalanya dipasang. [SN/IF]

SourceReuters

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -