Hiii… SpaceX Terbangkan Monster Tikus ke Luar Angkasa

Monster tikus

Telset.id, Jakarta – SpaceX meluncurkan kargo seberat tiga ton ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada akhir pekan lalu. Di dalam kargo SpaceX tersebut, terdapat “monster tikus” berukuran besar, robot penyeka galau, serta miniatur rumah pembuatan bir.

Kapsul Dragon milik SpaceX juga mengantarkan barang liburan untuk enam penghuni ISS. Sayang, Kenny Todd dari NASA tidak bersedia merincinya. Kapsul “daur ulang” tersebut diperkirakan sudah tiba di ISS pada Minggu (8/12/2019) waktu setempat.

Roket Falcon meluncur dari Cape Canaveral terlambat satu hari dari jadwal karena angin kencang. SpaceX memulihkan booster baru di sebuah tongkang di lepas pantai Atlantik beberapa menit setelah lepas landas sehingga bisa digunakan kembali.

{Baca juga: Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Monster di Galaksi Bima Sakti}

Karyawan SpaceX di California Selatan bersorak ketika booster mendarat dan beberapa menit kemudian ketika kapsul mencapai orbit. Menurut laporan New York Post, peluncuran kargo SpaceX tersebut adalah operasi pasokan SpaceX ke-19 untuk NASA.

Sebanyak 40 tikus betina remaja dengan bulu hitam ikut meluncur ke ISS. Menurut kepala ilmuwan percobaan, Se-Jin Lee, dari Universitas Connecticut, delapan di antaranya adalah “monster tikus” dengan perawakan dua kali massa otot tikus biasa.

{Baca juga: Robot Cerdas Ini Temani Astronot saat Galau di Luar Angkasa}

Dikutip Telset.id, Senin (09/12/2019), para peneliti berencana mengumpulkan sebagian dari tikus luar angkasa yang tidak kuat selama atau setelah sebulan penerbangan dalam upaya untuk membangun otot dan tulang yang penting bagi astronot.

Suatu hari, terapi seperti itu bisa membantu astronot tetap bugar dalam perjalanan panjang ke ruang angkasa. Selain itu, ada biji-bijian gandum untuk percobaan pembuatan bir oleh Anheuser-Busch. Ada pula kepala robot plastik 3-D yang dicetak menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). (SN/FHP)

Sumber: New York Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here