Dua Lubang Hitam Supermasif Bakal Bertabrakan, Apa Dampaknya?

Telset.id, Jakarta – Dua lubang hitam supermasif diprediksi oleh para peneliti bakal bertabrakan. Pertanyaannya, apa dampak dari peristiwa besar tersebut?

Dua lubang hitam supermasif mungkin akan bertabrakan satu sama lain dalam tiga tahun ke depan, disebabkan fluktuasi cahaya yang muncul dari pusat galaksi.

Dilansir Gadgets360, galaksi yang dimaksud adalah SDSS J1430+2303, menampung lubang hitam yang mempunyai massa gabungan sekitar 200 juta Matahari.

BACA JUGA:

Telset kutip pada Selasa (30/8/2022), para ilmuwan pun menyarankan untuk mengamati galaksi terus-menerus untuk memahami apa yang terjadi di intinya.

Saat ini, riak yang dihasilkan oleh tabrakan lubang hitam berada dalam rentang frekuensi yang sangat rendah untuk dideteksi balai pengamatan observatorium.

Namun demikian, terlepas dari hal itu, apabila tabrakan memang terjadi, para ilmuwan percaya akan menghasilkan ledakan cahaya sangat besar di seluruh spektrum.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, para astronom dari Universitas Guangzhou di Cina telah menggunakan data dari berbagai observatorium sinar X.

Mereka mencoba mengidentifikasi tanda berenergi tinggi yang diharapkan dapat dideteksi dalam biner lubang hitam supermasif dekat atau orbit yang membusuk.

Tim telah memperhatikan variasi cahaya sinar X yang datang dari galaksi. Mereka juga telah mengamati jenis emisi terkait dengan besi yang jatuh ke lubang hitam.

Para peneliti mengonfirmasi pula deteksi ini dengan konfirmasi 99,96 persen melalui bantuan dua instrumen berbeda. Mereka secara intensif melakukan pemantauan.

BACA JUGA:

Emisi tersebut dapat dikaitkan dengan lubang hitam supermasif biner. Tapi, para peneliti tidak dapat mendeteksi karakteristik untuk mengonfirmasi biner lubang hitam.

Analisis pengamatan radio dilakukan, tetapi terbukti tidak meyakinkan. Tidak pasti apa yang terjadi dengan galaksi. Sesuatu yang aneh pasti telah terjadi di jantungnya. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0