Berusia 190 Tahun, Kura-kura Ini Raih Rekor Dunia Guinness

Telset.id, Jakarta – Jonathan, seekor kura-kura berhasil meraih rekor dunia Guinness 2022, sebagai kura-kura tertua di dunia karena berusia 190 tahun.

Dilansir Telset dari CNN pada Minggu (30/1/2022), Guinness World Records mencatat kalau Jonathan adalah chelonian atau kura-kura tertua yang pernah ada, karena berhasil hidup di usia 190 tahun.

Jonathan berhasil mengalahkan Tu’i Malila, kura-kura yang hidup selama 188 tahun.  Sejarah mencatat kalau Jonathan tiba di Pulau St. Helena, sebuah wilayah kekuasaan Inggris yang terletak di Samudra Atlantik Selatan pada tahun 1882. Jonathan lalu diteliti dan diperkirakan kalau hewan itu lahir di tahun 1832.

Baca juga: Game Fall Guys Raih Rekor Guinness World Record

Jonathan tinggal di taman Plantation House, tempat kediaman Gubernur Saint Helena hingga sekarang. Selama hidup di kediaman Gubernur St. Helena, Jonathan telah melewati fase kepemimpinan 31 gubernur di wilayah tersebut.

Di usianya yang sudah ratusan tahun, Jonathan mengalami kebutaan dan kehilangan indera penciuman sehingga harus diberi makan dengan tangan. Makanan favoritnya adalah kubis, mentimun, wortel, apel, dan buah-buahan musiman lainnya.

Namun organ lainnya masih berfungsi normal. Menurut dokter hewan Joe Hollis, pendengaran kura-kura tertua di dunia itu masih berfungsi, seperti ia mampu merespon dengan baik suara dari Joe Hollis.

Kura-kura Tertua Dunia
Kura-kura tertua di dunia

Lalu layaknya seekor kura-kura, di hari biasa ia suka berjemur bersama kawanan kura-kura lainnya yaitu David, Emma, dan Fred.

“Dia akan berjemur dimana leher dan kakinya yang panjang terentang sepenuhnya dari cangkangnya untuk menyerap panas dan mentransfernya ke intinya,” kata dokter Hollis.

Sedangkan di musim dingin ia lebih suka berada di bawah dedaunan atau potongan rumput, sepanjang hari. Kemungkinan hal itu dilakukan untuk menghangatkan badan.

Adapun mengenai reproduksi, ia masih memiliki libido yang tinggi dan kerap kawin dengan kawanan kura-kura lainnya seperti Emma dan Fred.

“Terlepas dari usianya, Jonathan masih memiliki libido yang baik dan terlihat sering kawin dengan Emma dan kadang-kadang Fred,” tambahnya.

Baca juga: Supersaurus Ditemukan dengan Panjang 42 Meter

Untuk merayakan hari ulang tahun Jonathan, rencananya pemerintah Saint Helena akan menggelar perayaan tersebut pada akhir tahun 2022 mendatang. Sebab Jonathan merupakan kura-kura yang dicintai oleh masyarakat pulau tersebut.

“Dia sangat dicintai dan orang-orang memperhatikannya,” tutur kepala pariwisata di St. Helena, Matt Joshua. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI