Snapdragon 8 Gen 2 Punya Konfigurasi CPU yang Tidak Lazim

Telset.id, Jakarta – Qualcomm sedang menyiapkan chipset generasi penerus Snapdragon 8+ Gen 1, yang masih akan menjadi chipset paling kuat hingga akhir tahun ini. Yang menarik, pembocor Digital Chat Station baru-baru ini mengungkap chipset Snapdragon 8 Gen 2 memiliki konfigurasi CPU yang tidak lazim, yakni 1+2+2+3.

CPU Snapdragon 8 Gen 2 diduga akan menampilkan inti berikut: satu Cortex-X3, dua Cortex-A720, dua A710 dan tiga A510. Atau dengan kode nama mereka, 1x Makalu-Elp, 2x Makalu, 2x Matterhorn dan 3x Klein-R1.

Jika Anda telah mengikuti pengumuman ARM sebelumnya, nama Makalu dan Matterhorn pasti sudah tidak asing lagi. Itu diumumkan sebagai penerus dari generasi Cortex-X1/A78. Matterhorn jelas merupakan langkah X2/A710 dalam grafik, Makalu adalah generasi berikutnya.

Cortex-X3 dan A720 menjanjikan peningkatan hingga 30% dalam kinerja tertinggi CPU, dibandingkan dengan inti X1/A78 dan lompatan yang lebih kecil dari Snapdragon 8 Gen 1 saat ini. Agaknya, ini untuk kinerja pada kecepatan clock yang sama.

BACA JUGA:

Yang penting karena Snapdragon 8 Gen 2 (SM8550, dengan kode nama Kailua ES) akan dibuat pada node N4 TSMC, menurut DCS. Itu adalah proses 4nm yang sama dengan yang dilakukan pada 8+ Gen 1, jadi tidak dapat diharapkan bakal ada peningkatan besar dalam kecepatan clock.

Ini mungkin akan menjadi chipset seluler pertama yang menampilkan empat inti CPU yang berbeda (chipset saat ini menggunakan tiga jenis). Tetapi mungkin itu yang diperlukan untuk memberikan peningkatan kinerja generasi berikutnya.

Bagaimanapun juga, chip andalan Gen 2 dikatakan menggunakan GPU Adreno 740, sayangnya tidak banyak informasi yang kami dapatkan tentangnya. GPU ini akan menggunakan arsitektur yang sama dengan 730 pada chip saat ini. Semoga bocoran tentang detail peningkatan kinerja bisa segera kita dapatkan.

Qualcomm biasanya mengumumkan chipset andalannya untuk ponsel generasi berikutnya pada akhir tahun dalam event di Hawaii. Kita tunggu saja. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0