Chipset Snapdragon 8 Gen 2 akan Mendukung Codec Video AV1

Telset.id, Jakarta – Qualcomm dikabarkan akan menambahkan kemampuan baru pada chipset terbarunya di tahun depan. SoC unggulan Qualcomm berikutnya, Snapdragon 8 Gen 2, akan mendukung codec video AV1.

Codec video AV1 bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bandwidth pada video berkualitas tinggi. Teknologi ini sudah diadopsi oleh YouTube dan Netflix.

Baca juga: Ini Kelebihan Chipset Snapdragon 8 Gen 1 di Galaxy S22

Namun, chip Qualcomm terbaru saat ini, Snapdragon 8 Gen 1 belum mendukung decoding asli video AV1. Qualcomm sepertinya tidak ingin kalah dengan Samsung yang telah mengadopsi teknologi ini pada SoC andalannya Samsung Exynos mulai tahun 2021 dan 2022.

Nah, Qualcomm akan segera menyusul, memperkenalkan decoding AV1 di chipset unggulan mereka di 2023 mendatang. Sumber informasi ini mengatakan chip SM8550 akan menjadi yang pertama mengadopsinya.

Sebagai informasi, nomor model chipset Snapdragon 8 Gen 1 saat ini adalah SM8450, jadi kemungkinan chip SM8550 tersebut adalah Snapdragon 8 Gen 2, yang akan dirilis pada tahun depan.

Baca juga: Lebih Ngebut! Xiaomi 12 Ultra Ditenagai Prosesor Snapdragon 8 Gen 1+

Sebelumnya, Samsung mengatakan bahwa decoding AV1 pada Exynos 2100 dan Exynos 2200 yang ditanamkan pada smartphone Samsung Galaxy S22 Series memungkinkan runtime pemutaran yang lebih lama saat streaming konten Netflix atau YouTube.

Kelebihan lain dari Snapdragon 8 Gen 1 antara lain dilengkapi dengan generasi ke-4 dari Snapdragon X65 5G Modem-RF System, yang memberikan kecepatan tak tertandingi dan mendukung lebih banyak jaringan, frekuensi, dan bandwidth secara global.

Kemudian ada juga Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang mendukung kecepatan Wi-Fi kuat dan kinerja latensi rendah yang berkelanjutan melalui dukungan fitur seperti Qualcomm® 4-Stream Dual Band Simultaneous.

Lebih lanjut, FastConnect 6900 menghadirkan dukungan terhadap Bluetooth 5.2 terbaru dan optimalisasi untuk ketahanan, kualitas, latensi, dan efisiensi daya audio.

Snapdragon 8 Gen 1 menggunakan GPU Qualcomm® Adreno terbaru memberikan 30% peningkatan dalam kemampuan rendering grafis dan 25% peningkatan penghematan daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Baca jugaBenchmark Dimensity 9000 Lebih Ngebut dari Snapdragon 8 Gen 1?

7th Gen Qualcomm AI Engine dilengkapi dengan prosesor Qualcomm® Hexagon dengan performa tinggi dan efisien, menampilkan akselerator tensor 2x lebih cepat, dan memori bersama 2x lebih besar daripada pendahulunya yang memungkinkan berbagai penggunaan baru. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0