Kereta Hyper-Tube Korsel Bisa Ngebut 1.000 Km/Jam, Gokil!

Telset.id, Jakarta  – Institut Penelitian Kereta Api Korea Selatan (Korsel) meluncurkan kereta hyper-tube baru yang diklaim berhasil mencapai kecepatan tertinggi 621 mph atau sekitar 1.000 km per jam selama pengujian.

Selama ini, banyak orang menganggap bahwa menggunakan layanan transportasi umum seperti kereta ebih praktis dan efisien karena bebas kemacetan lalu lintas. Karenanya, industri kereta api terus berbenah.

{Baca juga: Kereta Supercepat Hyperloop One Sukses Jalani Tes Pertama}

Termasuk Institut Penelitian Kereta Api Korsel, yang baru saja melakukan tes kereta hyper-tube baru dengan kecepatan tertinggi mencapai sekitar 1.000 km per jam. Pencapaian itu mendukung program kereta super cepat.

Korsel sebenarnya telah memulai proyek kereta hyper-tube pada 2017. Organisasi tersebut berharap saat hyper-tube baru resmi dioperasikan, penumpang dapat melakukan perjalanan tanpa membuang waktu.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset, Selasa (24/11/2020), kereta buatan Institut Penelitian Kereta Api Korsel ini bakal sanggup menempuh waktu hanya 30 menit dari Seoul ke Busan.

Sebelumnya, untuk melakukan perjalanan dari Seoul ke Busan menggunakan kereta, waktu yang dibutuhkan mencapai 3,5 jam. Kereta hyper-tube baru juga membantu mengurangi gaya eksternal lingkungan.

{Baca juga: Edan! Kereta Tercepat di Dunia Buatan Jepang Tembus 400 km/jam}

Kereta hyper-tube baru membantu mengurangi gesekan sehingga memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan lebih tinggi. Namun demikian, belum jelas kapan sistem transportasi itu akan tersedia untuk umum.

Korea Selatan tidak sendiri dalam perlombaan mengembangkan kereta supercepat. Jepang kini juga sedang melakukan uji coba salah satu kereta tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum 400 km/jam.

Kereta cepat Shinkansen bernama Alfa-X ini merupakan singkatan dari Advanced Labs for Frontline Activity in rail eXperimentation.

Alfa-X diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries dan Hitachi. Kereta ini punya kelir warna perak metalik dengan garis-garis hijau di sepanjang body-nya. [NM/HBS]

 

SourceUbergizmo

Related Articles

1 COMMENT

  1. I can agree with the accuracy of this article as I work in a related sector.
    Interesting thank you for sharing.

    Also visit mmy web page :: Vouchersort

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -