Edan! Kereta Tercepat di Dunia Buatan Jepang Tembus 400 km/jam

Kereta tercepat di dunia

Telset.id, Jakarta – Jepang kini sedang melakukan uji coba salah satu kereta tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum 400 km/jam. Kereta cepat Shinkansen bernama Alfa-X ini merupakan singkatan dari Advanced Labs for Frontline Activity in rail eXperimentation.

Alfa-X diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries dan Hitachi. Kereta ini punya kelir warna perak metalik dengan garis-garis hijau di sepanjang body-nya.

Uji coba kereta  sudah dilakukan pada 10 Mei lalu, dan dilakukan dua kali seminggu tiap malam hari selama 3 tahun. Uji coba dilakukan di jalur antara kota Aomori dan Sendai di Jepang Utara.

{Baca juga: 5 Game Kereta-keretaan Paling Seru di iOS dan Android}

Kereta Alfa-X dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2030. Perusahaan kereta api Jepang, JR East mengatakan bahwa ketika kereta tersebut resmi beroperasi, kecepatannya akan diturunkan menjadi 360 km/jam.

Pada kecepatan ini, Alfa-X akan lebih cepat 10 km/jam dibandingkan China Fuxing Hao, kereta cepat yang menghubungkan Beijing dan Shanghai yang juga punya top speed mencapai 400 km/jam.

Untuk meminimalkan tekanan dan kebisingan, serta mengatasi hambatan angin yang sangat besar ketika melewati terowongan, gerbong pertama Alfa-X dirancang memiliki moncong aerodinamis yang ramping nan panjang berukuran 22m.

{Baca juga: Jepang Berhasil Luncurkan Roket Komersil ke Luar Angkasa}

Agar tetap stabil ketika melaju, digunakan juga peredam dan suspensi udara. Selain itu, terdapat rem udara dan plat magnetik untuk memperlambat laju kereta.

Kereta ini direncanakan akan menawarkan layanan perjalanan supercepat ke Sapporo, kota terbesar di pulau paling utara Hokkaido. (BA/FHP)

Sumber: Mothership

Previous articleWarganet Diprediksi Makin Getol Unggah Stories di Bulan Ramadhan
Next articleGadis 16 Tahun Bunuh Diri Usai Bikin Polling di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here