SCIENCE-TECH

Kehidupan Alien Terdeteksi Teleskop China, Apa Kata Peneliti?

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Kehidupan alien menjadi perdebatan panas para peneliti di dunia. Berbagai klaim tentang eksistensi makhluk luar angkasa ini pun mengemuka. Termasuk dari China, yang baru-baru ini mengaku berhasil mendeteksi sinyal dari luar angkasa via teleskop terbesar di dunia.

Kementerian sains China mengeluarkan laporan pada pekan lalu bahwa teleskop Sky Eye menangkap sinyal aneh yang menunjukkan tentang kehidupan alien. Meski begitu, kementerian tiba-tiba menghapus studi tersebut.

Para peneliti di Amerika Serikat mengatakan bahwa sinyal itu punya asal-usul yang jauh lebih duniawi.

BACA JUGA:

“Sinyal yang kami temukan adalah gangguan di Bumi, bukan dari kehidupan alien,” tegas Dan Werthimer, seorang peneliti di University of California, Berkeley.

Werthimer menyatakan, banyaknya sinyal dari smartphone dan satelit membuat teleskop sulit untuk menentukan apakah berasal dari Mars atau Milwaukee.

“Semua televisi, telepon seluler, dan satelit kian memburuk. Sulit untuk mengetahui gangguan apa dan apakah mungkin dari peradaban yang jauh,” katanya.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Werthimer menyebut bahwa China memicu imajinasi antarbintang setelah merilis temuan kehidupan alien.

Para peneliti dari Beijing Normal University mengamati bahwa frekuensi-frekuensi yang ditangkap tidak punya kemiripan dengan temuan-temuan sebelumnya.

Meskipun ragu dengan kemungkinan eksistensi alien, Werthimer mengaku masih cukup yakin bahwa di luar angkasa tetap ada sesuatu yang bersifat misterius.

“Saya sebenarnya optimistis dengan kehidupan di alam semesta. Namun, ada satu triliun planet di galaksi Bima Sakti,” tukas peneliti teleskop Sky Eye itu.

Belum lama ini, ahli fisika Ben Zuckerman berujar, alien cerdas kemungkinan sembunyi di bola Dyson yang mengelilingi bintang katai putih di seluruh Bima Sakti.

Ia percaya di sanalah fokus pencarian makhluk luar angkasa. Alien memang belum ditemukan di tempat lain, tapi profesor itu percaya keberadaannya.

BACA JUGA: 

Ia mengemukakan bahwa alien mungkin akan mengalami kesulitan melakukan perjalanan ke bintang baru apabila hanya untuk membangun bola Dyson.

Zuckerman sangat percaya bahwa bola akan eksis di sekitar bintang asal peradaban. Pada akhirnya, bola Dyson akan menjadi katai putih di tataran Bima Sakti. [SN/IF]

Leave a Comment