Unik, Ilmuwan Berkolaborasi Membuat Teleskop Seukuran Bumi

Telset.id, Jakarta – Pada tahun 2019, kolaborasi Event Horizon Telescope (EHT) menghasilkan gambar lubang hitam pertama yang memukau dunia. Kini para ilmuwan kembali berkolaborasi dalam Event Horizon Telescope (ngEHT) generasi berikutnya untuk membuat video lubang hitam berkualitas tinggi dengan teleskop seukuran Bumi.

Kolaborasi EHT generasi berikutnya ini juga merupakan terobosan baru karena menjadi kolaborasi fisika besar pertama yang menyatukan perspektif dari ilmu alam, ilmu sosial, dan humaniora.

Untuk teleskop virtual yang menjangkau planet, semakin besar teleskop, semakin baik dalam melihat hal-hal yang terlihat kecil dari jauh. Untuk menghasilkan gambar lubang hitam, kita membutuhkan teleskop yang hampir seukuran Bumi itu sendiri.

Itulah mengapa Event Horizon Telescope menggunakan banyak teleskop dan susunan teleskop yang tersebar di seluruh dunia untuk membentuk satu teleskop virtual seukuran Bumi. Ini dikenal sebagai interferometri dasar yang sangat panjang.

Shep Doeleman, ahli astrofisika Harvard yang juga sebagai direktur sekaligus pendiri EHT, menyamakan astronomi semacam ini dengan menggunakan cermin pecah. Bayangkan menghancurkan cermin dan menyebarkan potongan-potongan itu ke seluruh dunia.

Kemudian Anda merekam cahaya yang ditangkap oleh masing-masing bagian cermin itu sambil melacak waktunya, dan mengumpulkan data tersebut di superkomputer untuk merekonstruksi detektor seukuran Bumi secara virtual.

Gambar lubang hitam pertama tahun 2019 dibuat dengan meminjam teleskop yang ada di enam lokasi. Sekarang, teleskop baru di lokasi baru sedang dibangun untuk mengisi celah cermin yang pecah dengan lebih baik.

BACA JUGA:

Kolaborasi saat ini sedang dalam proses pemilihan tempat yang optimal di seluruh dunia, untuk menambah jumlah situs menjadi sekitar 20. Upaya ambisius ini membutuhkan lebih dari 300 ahli yang diorganisasikan ke dalam tiga kelompok kerja teknis dan delapan kelompok kerja sains.

Kelompok kerja sejarah, filsafat, dan budaya baru saja menerbitkan laporan penting yang menguraikan bagaimana ilmuwan humaniora dan ilmu sosial dapat bekerja dengan astrofisikawan dan insinyur dari tahap pertama proyek.

Laporan ini memiliki empat bidang fokus, yakni pembentukan pengetahuan kolaboratif, landasan filosofis, algoritme dan visualisasi, dan penempatan teleskop yang bertanggung jawab.

Bagaimana semua bisa berkolaborasi?

Jika Anda pernah mencoba menulis makalah (atau menulis apa pun) dengan orang lain, Anda tahu betapa sulitnya itu. Sekarang bayangkan mencoba menulis makalah ilmiah dengan lebih dari 300 orang.

Haruskah seseorang berharap setiap penulis percaya dan bersedia membela setiap bagian dari makalah dan kesimpulannya? Bagaimana seharusnya kita semua menentukan apa yang akan dimasukkan?

Jika setiap orang harus setuju dengan apa yang disertakan, apakah ini hanya akan menghasilkan hasil yang konservatif dan encer? Dan bagaimana Anda mengizinkan kreativitas individu dan sains yang mendorong batas (terutama saat Anda mencoba menjadi yang pertama menangkap sesuatu?).

Untuk menjawab pertanyaan semacam itu, penting untuk menyeimbangkan pendekatan kolaboratif dan menyusun keterlibatan setiap orang dengan cara yang mempromosikan konsensus, tetapi juga memungkinkan orang untuk mengungkapkan perbedaan pendapat. Keragaman keyakinan dan praktik di antara anggota kolaborasi dapat bermanfaat bagi sains.

Bagaimana kita memvisualisasikan data? Pilihan estetika terkait gambar dan video lubang hitam terakhir terjadi dalam konteks budaya visual yang lebih luas.

Teleskop seukuran bumi Event Horizon Telescope EHT
Gambar lubang hitam di galaksi M87 pertama kali ditangkap pada tahun 2019

Pada kenyataannya, api biru lebih panas daripada api yang tampak jingga atau kuning. Namun dalam gambar warna semu Sagitarius A* di atas – lubang hitam di pusat Bima Sakti – palet warna jingga-merah dipilih karena diyakini jingga akan mengomunikasikan kepada audiens yang lebih luas betapa panasnya materi yang berpendar di sekitar lubang hitam itu.

Pendekatan ini berhubungan dengan praktik historis citra ilmiah dengan bantuan teknologi, seperti yang dilakukan oleh Galileo, Robert Hooke, dan Johannes Hevelius. Para ilmuwan ini menggabungkan gambar teleskopik dan mikroskopis awal mereka dengan teknik artistik sehingga dapat dibaca oleh audiens non-spesialis (terutama mereka yang tidak memiliki akses ke instrumen yang relevan).

Bagaimana filsafat dapat membantu Video lubang hitam akan sangat menarik bagi fisikawan teoretis. Namun, ada jembatan antara teori matematika formal dan dunia eksperimen yang berantakan, di mana asumsi ideal sering tidak berlaku.

Filsuf dapat membantu menjembatani kesenjangan ini dengan pertimbangan risiko epistemik – seperti risiko kehilangan kebenaran, atau membuat kesalahan. Filsafat juga membantu menyelidiki asumsi mendasar yang mungkin dimiliki fisikawan tentang suatu fenomena.

Misalnya, salah satu pendekatan untuk menggambarkan lubang hitam disebut “teorema tanpa rambut”. Ini adalah gagasan bahwa lubang hitam yang terisolasi dapat disederhanakan menjadi beberapa sifat saja, dan tidak ada yang rumit tentangnya.

Tapi teorema tanpa rambut berlaku untuk lubang hitam yang stabil. Itu bergantung pada asumsi bahwa lubang hitam pada akhirnya menetap ke keadaan stasioner.

Penempatan teleskop yang bertanggung jawab pada pilihan lokasi untuk teleskop, atau penempatan teleskop, secara historis ditentukan oleh pertimbangan teknis dan ekonomi – termasuk cuaca, kejernihan atmosfer, aksesibilitas, dan biaya. Ada kurangnya pertimbangan historis untuk komunitas lokal, termasuk masyarakat First Nations.

BACA JUGA:

Seperti yang disoroti oleh perjuangan di Mauna Kea di Hawaii, kolaborasi ilmiah diwajibkan untuk mengatasi pertimbangan etika, sosial, dan lingkungan saat menentukan lokasi. ngEHT bertujuan untuk memajukan praktik penempatan yang bertanggung jawab.

Ini menyatukan para ahli dalam filsafat, sejarah, sosiologi, advokasi komunitas, sains, dan teknik untuk berkontribusi pada proses pengambilan keputusan dengan cara yang mencakup faktor budaya, sosial dan lingkungan saat memilih lokasi teleskop baru.

Secara keseluruhan, kolaborasi ini adalah contoh menarik tentang bagaimana rencana ambisius menuntut pendekatan inovatif – dan bagaimana sains berkembang di abad ke-21.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI