Wujud Baterai Terkecil di Dunia, Seukuran Butiran Garam

Telset.id, Jakarta – Baterai identik dengan ukurannya yang besar, tetapi sejumlah peneliti berhasil mengembangkan baterai dengan ukuran terkecil di dunia dengan dimensi mirip sebutir garam.

Dilansir Telset dari BGR pada Jumat (4/3/2022), inovasi teknologi berangkat dari asumsi bahwa di masa depan, ukuran perangkat teknologi akan semakin mengecil sehingga perlu dibuat baterai kecil untuk mendukung perangkat itu.

Oleh karenanya para peneliti dari Jerman dan China tepatnya dari Chemnitz University of Technology, IFD Dresden, dan Changchun Institute of Applied Chemistry berkolaborasi membuat perangkat baterai kecil atau mikro baterai berukuran sebutir garam.

baterai kecil garam

Tidak dijelaskan ukuran baterainya tetapi baterai ini diklaim sebagai baterai terkecil di dunia. Baterai juga diklaim mampu memberikan daya untuk perangkat teknologi yang ukurannya kecil seperti sistem sensor biokompatibel yang ditempatkan di tubuh manusia.

Baca juga: Akar Tanaman Bisa Dijadikan Baterai

Mikro baterai memiliki desain yang mirip dengan baterai berbentuk silinder yang kerap kita jumpai di pasaran. Bedanya ukuran baterai sangat kecil dan terbuat dari film tipis yang digulung menjadi beberapa lapisan atau yang disebut teknik mikro origami.

Teknik mikro origami dilakukan agar baterai mampu menawarkan jumlah daya yang solid tanpa mengambil terlalu banyak ruang.

Dengan begitu baterai dapat masuk ke ruang yang lebih kecil sambil juga memberikan daya yang lebih dari cukup, untuk perangkat teknologi yang terhubung dengannya.

Meskipun belum ada di teknologi apa pun, kita bisa mulai melihatnya muncul di teknologi lain di masa depan, terutama teknologi yang cocok dengan tempat-tempat kecil dan membutuhkan banyak kekuatan di belakangnya.

Saat ini mikro baterai berukuran sebutir garam buatan Jerman dan China ini memang belum pernah diuji coba dengan perangkat teknologi.

Namun menurut penelitian lain mengenai baterai terkecil di dunia sebuah mikro baterai harus memenuhi dua persyaratan dasar untuk integrasi ke perangkat teknologi kecil seperti mikro komputer.

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicas

Pertama, baterai harus memiliki kepadatan energi minimum 100 mikrowatt-jam per sentimeter persegi. Kemudian, perlu menawarkan integrasi monolitik dengan sirkuit listrik lain pada chip. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0