Baru Terungkap, Ada Cincin Raksasa di Gambar Lubang Hitam

Telset.id, Jakarta – Gambar lubang hitam pertama kali ditangkap menggunakan Event Horizon Telescope (EHT) pada tahun 2019. Lubang hitam tersebut terletak di pusat galaksi Messier 87 (M87).

Pada gambar yang tertangkap EHT itu, lubang hitam terlihat dengan gas yang berputar di sekitarnya dan fitur lainnya yang secara teoritis sudah diprediksi oleh para astronom.

Meskipun foto itu dipuji sebagai foto bersejarah, namun foto itu cukup buram dan tidak menawarkan detail rumit lubang hitam. Sekarang, para astronom telah membuat ulang gambar untuk mengungkap cincin foton lubang hitam yang tidak dapat dilihat sebelumnya.

Lubang hitam di galaksi M87 telah menerima cahaya dari gas terdekat, yang juga termasuk cahaya radio. Ketika seberkas cahaya melewati dekat lubang hitam, ia cenderung mengubah arahnya karena pembelokan ruang-waktu.

BACA JUGA:

Pembelokan cahaya ini telah terlihat pada bintang dan galaksi, tetapi dalam kasus lubang hitam, pembelokan cahaya lebih signifikan. Sementara cahaya melewati dekat lubang hitam ke segala arah, hanya yang terfokus pada kita yang terlihat.

black hole photon ring brodericketal black hole

Para astronom telah mengamati bahwa lubang hitam dapat bertindak sebagai lensa yang kuat dan dapat memfokuskan cahaya ke arah kita. Dengan teori ini, kita akan melihat lingkaran cahaya tipis yang dikenal sebagai cincin foton ketika cahaya diarahkan ke kita.

Tapi, di landmark foto, cincin foton ini tidak terlihat. Ini bisa jadi karena material yang menghalangi jalur cahaya. Cahaya cenderung menyebar ketika melewati daerah gas dingin dan ini menghasilkan gambar buram.

Dalam studi terbaru, tim menyadari bahwa data EHT sebenarnya memiliki dua foto di dalamnya. Salah satunya adalah cincin foton dan yang lainnya adalah cahaya buram dari wilayah sekitarnya.

BACA JUGA:

Para astrinom menggunakan algoritma untuk mengupas lapisan gambar dan mengungkapkan cincin foton. Mereka masih akan melakukan eksplorasi terkait keberadaan cincin foton nan cerah dalam gambar lubang hitam. Mereka berharap bisa menemukan hal lain yang menarik.

Para astronom menggadang berhasil menemukan sesuatu di cincin foton. Dengan demikian, mereka bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi dunia astronomi. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0