Wow! “Cincin Einstein” Terekam Sempurna Teleskop Luar Angkasa Webb

Telset.id, Jakarta – Seorang mahasiswa astronomi memposting gambar “Cincin Einstein” yang sempurna hasil bidikan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA. Foto yang diposting di situs Reddit itu dinilai salah satu yang terbaik dari fenomena astronomi trippy yang pernah ditangkap kamera.

Cincin cahaya dalam gambar baru tersebut berasal dari galaksi jauh SPT-S J041839-4751.8 (atau disingkat JO418), yang berjarak sekitar 12 miliar tahun cahaya dari Bumi

Gambar Cincin Einstein yang menakjubkan itu adalah hasil cahaya dari galaksi jauh yang melewati ruang-waktu melengkung yang mengelilingi galaksi lain yang sejajar antara sumber cahaya yang jauh dan Bumi.

Cincin cahaya tersebut merupakan salah satu galaksi tertua di alam semesta. JO418 berorientasi tepat di belakang galaksi lain — cahaya biru terang di pusat cincin — yang begitu masif sehingga tarikan gravitasinya membelokkan ruang-waktu di sekitarnya.

Saat cahaya dari JO418 mencapai galaksi latar depan, ia bergerak melalui ruang-waktu yang bengkok ini. Dari Bumi, tampak seolah-olah cahaya telah melengkung di sekitar galaksi, tetapi gelombang elektromagnetik yang kita lihat sebenarnya telah berjalan dalam garis lurus sepanjang waktu.

BACA JUGA:

Cincin Eisntein Teleskop Luar Angkasa Webb
Foto closeup Cincin Einstein yang berhasil dibidik Teleskop Luar Angkasa Webb (Sumber: Live Science)

Efek aneh ini mirip dengan bagaimana lensa kaca mengarahkan cahaya. Seperti kaca pembesar, fenomena ini juga membuat cahaya dari galaksi jauh tampak lebih dekat daripada yang sebenarnya.

Satu-satu perbedaannya adalah bahwa lensa dibuat dari ruang-waktu yang hancur oleh gravitasi, bukan dari kaca. Akibatnya, para peneliti menjuluki efek trippy ini, pelensaan gravitasi.

Albert Einstein pertama kali meramalkan lensa gravitasi pada tahun 1912, ketika ia menyusun teori relativitasnya.

Seperti dikutip Telset dari Live Science, pengguna Reddit yang memposting foto tersebut adalah mahasiswa pascasarjana astronomi. Pengguna Reddit dengan aku “Spaceguy44” itu memposting gambar cincin Einstein JOS18 23 Agustus di subreddit r/Astronomy.

Astronom anonim tersebut membuat bidikan menggunakan data yang tersedia untuk umum, yang dikumpulkan oleh Mid-Infrared Instrument (MIRI) di James Webb Space Telescope.

“Kami tidak akan dapat melihat J0418 jika bukan karena sifat gravitasi yang membengkokkan cahaya. Tanpa efek pelensaan, galaksi mungkin akan terlihat seperti gumpalan kecil cahaya di galaksi paling jauh,” tulis Spaceguy44 di Reddit.

Gambar baru yang diposting Spaceguy44 ini bukanlah penampakan pertama dari JO418, tetapi sejauh ini foto tersebut dinilai merupakan yang paling detail, dibandingkan foto-foto sebelumnya.

Pada tahun 2020, para peneliti menemukan galaksi yang jauh setelah melihat lensa gravitasi parsial dengan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chili. Mereka melaporkan temuan itu dalam makalah yang diterbitkan tahun itu di jurnal Nature.

Spaceguy44 sendiri pada 13 Agustus lalu juga merilis gambar JO418 dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh instrumen NIRCam Webb, tetapi bidikannya memiliki resolusi yang jauh lebih rendah dan cincin cahaya kurang terlihat, menurut ScienceAlert.

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah menangkap gambar beberapa Cincin Einstein lainnya, termasuk yang terbentuk dari cahaya quasar yang melengkung. Namun, tak satu pun dari Cincin Einstein itu selengkap atau sejelas yang ada di gambar terbaru.

Asal tahu saja, Cincin Einstein yang melingkar sempurna sangat langka karena membutuhkan baik galaksi jauh dan latar depan untuk sejajar sempurna dengan pengamat.

BACA JUGA:

Namun, sensor yang lebih canggih di teleskop Webb seharusnya memudahkan untuk menemukannya di masa mendatang. Foto yang baru dirilis ini hanyalah contoh terbaru dari tampilan definisi tinggi kosmos yang akan diberikan Webb kepada peneliti dan masyarakat umum.

Bukan baru kali ini saja teleskop ruang angkasa James Webb NASA berhasil membidik gambar menakjubkan. Sebelumnya, Webb juga telah berhasil mengambil gambar inframerah Jupiter yang menakjubkan, saat merilis gambar untuk pertama kalinya pada bulan Juli lalu.

Foto hasil bidikan Webb tersebut memperlihatkan pemandangan Galaksi Cartwheel yang memukau, gambar terdalam alam semesta yang pernah diambil. Selain itu, masih ada foto-foto menakjubkan lainnya yang dirilis teleskop NASA tersebut. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0