Waduh! Sinar Biru Layar HP Bisa Akibatkan Kebutaan Mata

Telset.id, Jakarta – Para peneliti mendapati temuan baru terkait dampak buruk pemakaian ponsel dan laptop. Menurut mereka, efek sinar biru layar HP, laptop, dan perangkat digital lain bisa merusak penglihatan, bahkan mempercepat kebutaan.

Menurut Tech Times, Minggu (12/8/2018), penelitian tentang dampak cahay biru dari layar perangkat digital itu dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Toledo, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: 3 Efek Buruk Sinar Biru di Layar HP, Nomor 2 Paling Ngeri

Hasilnya cukup mengejutkan, mereka menemukan bukti bahwa paparan cahaya biru ponsel, laptop, dan perangkat lain bisa memicu molekul beracun.

Saat mata menerima paparan biru layar perangkat, molekul beracun timbul dan mengakibatkan degenerasi makula, suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan dan memengaruhi bagian tengah penglihatan pengguna.

Para peniliti menambahkan, cahaya biru ponsel, laptop, maupun perangkat digital lain memiliki panjang gelombang lebih pendek. Cahaya biru yang dihasilkan oleh peranti tersebut juga mempunyai lebih banyak energi dibandingkan warna lain.

“Secara bertahap, cahaya itu bisa mengakibatkan mata pengguna buta,” kata Asisten Profesor Departemen Kimia dan Biokimia Universitas Toledo, Ajith Karunarathne, yang memimpin penelitian dampak butuk pemakaian perangkat tersebut.

Baca juga: Ini Dia Daftar 16 Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Ia melanjutkan, cahaya biru dapat merusak retina mata. Para peneliti sekarang sedang mencoba menemukan cara untuk memperlambat degenerasi makula, yang memengaruhi sekitar 2,4 persen populasi orang dewasa di Inggris dan AS.

Menurut Karunarathne, degenerasi makula menyasara mereka yang berusia antara 50 tahun sampai 60 tahun. Sel-sel peka cahaya di retina mata mereka lebih lemah. Karenanya, mereka disarankan tidak bermain ponsel atau tablet di ruang gelap. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI