Satelit NASA Temukan Planet 9 di Sistem Tata Surya

Planet jahat

Telset.id, Jakarta – Sejak diluncurkan pada April 2018, Satelit Transit Exoplanet Survey (TESS) NASA telah menemukan sejumlah eksoplanet, termasuk apa yang disebut dengan missing link dan sebuah eksoplanet dengan tiga matahari. Baru-baru ini, satelit NASA itu juga dilaporkan telah menemukan Planet 9 nan misterius.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Rabu (13/11/2019), penemuan Planet 9 tersebut berdasarkan studi terbaru yang diterbitkan dalam Research Notes of AAS.

Dari studi, satelit NASA senilai USD 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun itu mampu mengambil banyak gambar dari tempat yang sama di ruang angkasa. TESS pun dinilai berpotensi menemukan objek trans-Neptunus alias TNO.

{Baca juga: Ilmuwan Pastikan Manusia Bisa Bertemu Alien}

“Karena mampu mendeteksi objek dengan perpindahan sekitar lima piksel dan Planet 9 memiliki ukuran sebesar 19 <V <24, kemungkinan muncul anggapan bahwa TESS dapat menemukannya,” tulis para penulis dalam penelitian itu.

Ahli astrofisika Universitas Harvard, Matt Holman menyatakan, TESS menatap daerah di langit selama berbulan-bulan. Ia mengatakan, satelit ini mencari eksoplanet dan membantu manusia untuk dapat menemukannya dengan melihat jalur bintang-bintang inang.

{Baca juga: Hiii Seram… Alien Mata-matai Manusia dari Asteroid Terdekat Bumi}

“TESS mengumpulkan gambar satu per satu dan mencari objek di tata surya. Hal utama yang saya pikir orang tidak sadari sebelumnya adalah jika punya teleskop kecil seperti TESS, Anda dapat menggabungkan gambar,” terangnya.

TESS ada di luar angkasa sehingga tidak harus berurusan dengan atmosfer Bumi yang menghalangi empat kameranya. Berdasarkan publikasi, para peneliti menguji gagasan bahwa TNO dapat ditemukan menggunakan gerakan yang diprediksi. (SN/FHP)

Sumber: New York Post

2 KOMENTAR

  1. […] {Baca juga: Satelit NASA Temukan Planet 9 di Sistem Tata Surya} […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here