Samsung Terhuyung, Apple Melenggang

JAKARTA – Samsung akan mencatat tahun 2014 menjadi tahun yang cukup kelabu bagi mereka. Di tahun kuda itu, penjualan smartphone Samsung meredup dibanding tahun sebelumnya. Nasib sebaliknya justru dicatat sang pesaing, Apple yang mengalami lonjakan cukup drastis.

Dalam laporan keuangan kuartal keempat 2014 yang baru dirilis para vendor ponsel menunjukan fakta tersebut. Pergerakan angka penjualan yang terjadi antara kedua musuh bebuyutan ini berbanding terbalik. Kali ini, Apple yang berhasil mengejar jumlah pengapalan smartphone Samsung.

Seperti dilaporkan Macrumors, Jumat (30/1/2015), selama periode Oktober hingga Desember 2014, Samsung dan Apple mencatatkan angka penjualan yang hampir sama, yakni sekitar 74,5 juta unit.

Angka itu menandakan penurunan bagi Samsung, sementara bagi Apple justru merupakan kenaikan yang signifikan. Karena jika melihat pencapaian yang dicatat pada periode yang sama di tahun lalu atau pada Q4 2013, Samsung berhasil mengapalkan 86 juta unit, sementara Apple 51 juta unit smartphone.

Hasil ini sudah pasti berimbas ke “isi kantong” kedua raksasa itu. Pada Q4 2014, Samsung mengalami penurunan pendapatan sebesar 27%. Sementara Apple pendapatannya naik 46% dibanding tahun sebelumnya.

Sementara untuk angka pengapalan, dalam laporan keuangannya Samsung hanya menyebut bahwa selama kuartal keempat 2014 mereka berhasil mengapalkan 95 juta unit perangkat.

Meski tidak menyebut angka pastinya, namun Samsung menyebut sekitar 80% dari total perangkat yang dikapalkan itu adalah ponsel. Seperti diketahui, Samsung telah tidak pernah lagi melaporkan jumlah pengapalan ponsel di laporan keuangannya sejak beberapa tahun silam.

Sepanjang tahun 2014, ada sekitar 1,3 miliar smartphone yang dikapalkan, atau terjadi peningkatan sebesar 31% dibanding tahun sebelumnya. Sementara khusus di Q4 2014, diperkirakan ada sekitar 380 juta unit smartphone yang dikapalkan ke seluruh dunia.[HBS]

Smartphone pasar 2014

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here