Samsung Gelar Pelatihan Coding untuk Siswa SMA

Telset.id, Jakarta – Samsung Indonesia menggelar sebuah program bertajuk Samsung Innovation Campus (SIC) di beberapa SMA dan SMK. Program ini memberikan berbagai pelatihan coding dan programming.

Pelatihan coding dan programming ini  terdiri dari Scratch 1, 2 & 3, Rurple, C-Programming, Arduino dan Algorithm Problem Solving Basic kepada para murid SMA dan SMK.

Dan sebagai indikator pencapaian atas apa yang telah diberikan, Samsung menggelar acara puncak SIC Project Competition 2020, yang menampilkan kreasi proyek dari para murid sekolah yang menjadi mitra pelaksanaan SIC.

{Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy F41 Jelang Peluncuran Resmi}

Program Samsung Innovation Campus ini bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) yaitu anggota organisasi non-profit terbesar di dunia, JA Worldwide, yang berfokus untuk membekali generasi muda mengenai pekerjaan dan kewirausahaan.

“Samsung Innovation Competition merupakan sebuah program global yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kemampuan beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi,” ujar Direktur Manajemen R&D Samsung R&D Indonesia, Risman Adnan dalam keterangannya yang dikutip Telset.id, Selasa (6/10/2020).

Ia menambahkan bahwa program ini merupakan program berkelanjutan, yang ke depannya Samsung menargetkan akan bermitra dengan lebih banyak lagi sekolah di Indonesia.

Peserta SIC Project Competition 2020 menampilkan hasil proyek yang diikutsertakan, SMKN 1 Geger – Madiun menghadirkan proyek berjudul Smart Hydroponic Technology (SAHYT), SMK Al Huda – Kediri dengan proyek Sistem Pengairan Otomatis (Smart Irrigation System) Berbasis Arduino.

Kemudian ada Binus School Simprug – Jakarta dengan proyek 2D Platformers Arcade Game, dan BINUS SCHOOL Serpong – Tangerang dengan proyek Automatic Dispenser For Hand Sanitizers.

Masing-masing peserta mempersiapkan proyeknya berdasarkan materi yang diberikan lewat program SIC dengan kurun waktu satu bulan. Peserta kompetisi juga harus melewati 2 tahap penilaian yaitu tahap laporan atau dokumentasi tertulis dan tahap presentasi.

Poin-poin yang menjadi penilaian adalah masalah teknis (10%), ide, kreatifitas dan keaslian project (20%), pembuatan konstruksi project (15%), potensi pemanfaatan dan komersialisasi (15%), kemampuan presentasi (10%), demonstrasi (15%) dan tanya & jawab (15%).

{Baca Juga: Dukung PJJ, Beli Smartphone Samsung Dapat Bonus Kuota}

SIC Project Competition 2020 berhasil dimenangkan oleh SMKN 1 Geger – Madiun dengan menampilkan proyek Smart Hydroponic Technology (SAHYT).

Pemenang berhak menyandang gelar The Best SIC Project 2020 dengan hadiah Samsung Galaxy A71 kepada masing masing anggota team beserta guru pembimbing.

Selain itu, terdapat Pemenang Favorit yang dipilih berdasarkan polling yang dilakukan oleh para undangan pada sesi penjurian di mana Pemenang Favorit terpilih adalah SMK Al Huda Kediri dengan proyek Sistem Pengairan Otomatis (Smart Irrigation System) Berbasis Arduino.

Pemenang Favorit berhak mendapatkan hadiah Samsung Galaxy A21s juga kepada setiap anggota team dan guru pembimbing. (HR/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI