Samsung Galaxy S5 KW Super

IMG_20140617_065755Belum genap dua bulan Samsung merilis Galaxy S5, kini sudah beredar Samsung Galaxy S5 tiruan. Design-nya sangat mirip. Begitu pula dengan user interface-nya. Galaxy S5 KW Super bahkan dikemas dalam box yang identik dengan box Samsung Galaxy S5. Lengkap dengan buku petunjuk berbahasa Inggris yang punya kemasan sama dengan aslinya.

Di Indonesia, untuk mendapatkan Samsung Galaxy S5 KW Super ini kami harus merogoh kocek Rp 1,7 juta. Harga yang terbilang murah jika dibandingkan dengan bandrol Galaxy S5 asli yang mencapai Rp 7,99 juta. But hey, ini barang tiruan, hardware dan spesifikasinya tidak sama. Jadi wajar jika dibandrol dengan harga sangat miring.

Design

Secara tampilan, hampir tak ada beda antara Samsung Galaxy 5 versi asli dengan tiruannya. Sama-sama terkesan “murah” dengan casing berbahan plastik. Galaxy S5 KW Super bahkan menggunakan motif kulit yang sama pada casing bagian belakangnya. Begitu pula dengan port koneksi yang ada di bagian bawahnya. Sama-sama menggunakan penutup anti air dan hadir dengan bentuk port yang sama. Meskipun jika ditelisik lebih jauh, Galaxy S5 menggunakan USB 3.0 sedangkan Galaxy S5 KW Super menggunakan USB 2.0.

Sementara pada sisi kiri dan kanan, Galaxy S5 KW Super juga menanamkan tombol power (kana) dan tombol volume (kiri). Sisinya dikemas dengan balutan chrome dan dibuat dengan motif garis, sama persis dengan Galaxy S5 asli.

Pada bagian belakang, Galaxy S5 KW Super juga menggunakan motif kulit. Tapi dengan finishing yang berbeda, sedikit lebih kasar. Meskipun sebenarnya sulit untuk membedakan tanpa memegang keduanya. Terlebih, komposisi kamera dan flash dibuat identik dengan aslinya.

Perbedaan juga tampak jika casing belakang dibuka. Beberapa detil tampak berbeda. Mulai dari baterai yang tulisannya sedikit berbeda, finishing speaker yang agak kasar, dan ornamen electricity yang berbeda. Tapi sekali lagi, perbedaan tersebut akan sulit dilihat jika tidak dijejerkan secara bersama-sama.

User Interface

Samsung Galaxy S5 KW Super yang kami pegang sudah menggunakan sistem operasi Android versi 4.4.2, bukan versi 4.2 seperti halnya versi tiruan sebelumnya. Interface-nya pun dibuat sangat mirip dengan versi aslinya. Mulai dari homescreen dengan interface TouchWiz khas Samsung, hingga fasilitas toolbox yang memungkinkan Anda untuk mengontrol fungsi multitasking.

Seperti halnya Galaxy S5 asli, Galaxy S5 KW Super juga dilengkapi dengan fitur khas Samsung. Sebut saja S Health, yang berfungsi seperti halnya S Health di Galaxy S5 versi asli. Ada juga fasilitas motion khas Samsung seperti Smart view, scroll, dan lain-lain. Tak ketinggalan fitur finger print, multi screen dan juga S-Beam. But hey, ini versi palsu, fungsi-fungsi tersebut hanya jadi pemanis di dalam menu setting. Tidak berfungsi layaknya kepunyaan Samsung Galaxy S5 asli.

Perbedaan lain yang paling mencolok adalah tidak adanya aplikasi Google Play dan juga aplikasi bawaan Samsung seperti S Note, S Calendar, dan lain-lain. Menariknya, Galaxy S5 KW Super punya aplikasi Samsung App. Paling tidak, ikon-nya dibuat sama persis, meskipun “muara”nya mengarah ke PlayApp.

Multimedia

Cara mudah untuk membedakan Galaxy S5 asli dengan tiruan adalah dengan memutar musik. Yup, output speaker Galaxy S5 KW terdengar cempreng, khas ponsel China. Begitu pula dengan layarnya. Galaxy S5 KW terlihat kurang tajam. Maklum, meski resolusinya relatif sama, 1920×1080 px, tapi teknologi layar yang digunakan bukan Super AMOLED seperti halnya Galaxy S5.

Camera

Sama seperti buatan Samsung, Galaxy S5 KW juga dilengkapi dengan kamera 16 MP. Fitur-fitur di dalamnya pun hampir sama. Anda bisa menggunakan fasilitas dual camera, panorama, beauty face dan lain lain. Tapi tentu tidak selengkap Galaxy S5 asli. Interface-nya pn sedikit berbeda. Begitu pula dengan hasil jepretannya. Yup, kualitasnya tidak seperti lazimnya kamera beresolusi 16 MP.

Performance

Satu hal yang menarik dari Galaxy S5 KW Super adalah performa hardware yang menurut kami cukup oke. Transisi frame-nya halus. Layarnya juga sangat responsif menerima perintah. Praktis tak ada kendala berarti saat digunakan untuk merender video kualitas HD ataupun bermain game-game berat. Padahal Galaxy S5 KW ini hanya menggunakan prosesor MTK6589 Quad Core 1,6 GHz dengan Ram berkapasitas 2 GB. Berbeda dengan Samsung Galaxy S5 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801 Quad Core 2,5 GHz.

 

 

16 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0