Samsung dan BlackBerry Jalin Kerjasama, Bukan Akuisisi

samsung-blackberryJAKARTA – Co-CEO Samsung, JK Shin, membantah rumor akan mengakusisi BlackBerry Ltd. Menurut dia, perusahaan akan mengembangkan kerja sama dengan BlackBerry.

“Kami ingin bekerja sama dengan BlackBerry dan mengembangkan kemitraan. Bukan mengakuisisi perusahaan tersebut,” kata Shin yang juga kepala bisnis mobile phone Samsung kepada Wall Street Journal.

Samsung secara terpisah melakukan pembicaraan dengan BlackBerry untuk memperluas scope kerja sama mereka. Antara lain penggunaan teknologi BlackBerry di handset Samsung di masa depan.

Sebelumnya, rumor pembelian BlackBerry oleh Samsung sudah bertahan selama setahun. Hal ini disebabkan BlackBerry yang bermarkas di Waterloo, Ontario, kesulitan menghadapi ketatnya persaingan di bisnis smartphone.

Menurut Shin, akuisisi BlackBerry akan menjadi kontra dengan strategi perusahaan. Samsung berambisi menjadi pemimpin pasar untuk platform keamanan Knox. Samsung sudah menginvestasikan banyak uang untuk pengembangan Knox tetapi belum ada hasil yang signifikan.

Kemudian di November tahun lalu, Samsung dan BlackBerry sepakat melakukan kerja sama di bidang platform keamanan. Selain dengan BlackBerry, Samsung juga melakukan deal serupa dengan perusahaan keamanan lain seperti Citrix Systems Inc, Good Technology Inc, MobileIron Inc, dan VMware Inc.

Shin juga menegaskan bahwa Samsung tidak berminat pada paten BlackBerry, sebab perusahaan hingga 2013 sudah memiliki 110 ribu paten global dimana 34 ribu paten diantaranya diregistrasi di Amerika Serikat. (AI/HZ)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here