Samsung & Android Melejit, BlackBerry Terjun Bebas

Phablet Galaxy Note
Phablet Galaxy Note

Jakarta – Pengiriman smartphone menunjukkan jumlah yang berada di atas estimasi, terlebih untuk Samsung dan Android. Menurut ABI Research, 244 juta smartphone telah terkirim sepanjang Q3 tahun 2013. Di tengah kesuksesan ini, BlackBerry terlihat sangat kesulitan mencari pelanggan baru.

BlackBerry mengalami penurunan pangsa pasar sehingga hanya “kebagian roti” 1,5 persen dari total pengiriman smartphone di pasar global. Meskipun saat ini BlackBerry tengah menikmati lonjakan pengguna BBM lintas platform, namun untuk urusan jualan handset, mereka terjun bebas.

Kondisi sebaliknya terjadi pada Samsung. ABI Research mencatat, bahwa Samsung berhasil menguasai market share smartphone sebesar 35 persen atau sekitar 85,4 juta unit. Sementara pangsa pasar Apple tersalip di level 14 persen.

Sementara untuk peta sebaran sistem operasi, Android masih yang terdepan dengan pertumbuhan mencapai 165 persen dari tahun ke tahun. Platform robot hijau ini menguasai pangsa pasar sebesar 80,6 persen.

Sementara 4 persen dari seluruh platform dihuni oleh Windows Phone dimana Nokia masih menjadi vendor dominan. Demikian kabar yang telsetNews kutip dari BGR, Kamis (31/10).[LKH/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI