Samsung akan Akuisisi Perusahaan Pembuat Siri?

Siri di iPhone

Jakarta – Samsung dikabarkan siap menyalip Apple untuk membajak Nuance Communications, perusahaan teknologi berbasis suara yang tenar lewat Siri, fitur asisten pribadi di iPhone. Samsung dirumorkan tengah dalam pembicaraan dengan pihak Nuance untuk proses akusisi.

Nuance adalah perusahaan yang mengembangkan Siri, fitur personal voice assistant di iPhone. Sejak tahun 2011 lalu, Apple telah menjalin kerjasama dengan Nuance untuk menghadirkan Siri di iPhone 4s. Menariknya, Samsung dikabarkan siap mencaplok Nuance.

Seperti dikutip dari Wall Street Journal, Selasa (17/6/2014), berdasarkan informasi dari orang di perusahaan, bahwa pihak Nuance disebutkan telah melakukan pembicaraan dengan pihak Samsung.

Masih belum diketahui apa yang dibahas keduanya dalam pembicaraan tersebut. Namun menurut sumber tersebut, bahwa yang dibicarakan adalah kemungkinan akuisisi Nuance oleh Samsung.

Perusahaan yang bermarkas di Burlington, Massachussetts itu sudah cukup lama dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berbasis suara yang digunakan pada perangkat ponsel, televisi, dan juga GPS, dll.

Nama Nuance melejit sejak Apple menggandeng mereka untuk menghadirkan Siri di iPhone. Sebenarnya tak Cuma Apple, karena teknologi Nuance juga banyak digunakan Samsung untuk produk-produk smartphone, tablet ataupun televisi.

Jika kabar pembelian Nuance oleh Samsung ini benar, maka akan menjadi menarik melihat posisi Apple ke depannya. Pasalnya, raksasa dari Cupertino itu masih menjalin kerjasama dengan Nuance untuk mengembangkan Siri.

Yang jadi pertanyaan, apakah Apple tetap akan menggunakan jasa Nuance saat nanti sudah menjadi milik Samsung? Seperti diketahui, selama ini kita disuguhi drama persaingan yang bahkan lebih mirip sebagai drama permusuhan antara Samsung dengan Apple.

Namun meski keduanya terlihat saling bermusuhan, dan bahkan sampai sekarang proses sidang saling tuduh klaim dan penjiplakan antara Samsung dan Apple masih terus berlanjut, namun kedua raksasa teknologi itu sebenarnya punya ikatan kerjasama yang saling menguntungkan.

Seperti diketahui, sampai sekarang Apple masih mengandalkan Samsung untuk memasok komponen yang akan dipasangan dalam perangkatnya, misalnya saja seperti prosesor dan layar untuk iPhone dan iPad yang masih di suplay oleh Samsung.

Bahkan pada kuartal I tahun 2014 lalu, Samsung masih menjadi pemasok komponen terbesar bagi perangkat Apple. Jika begitu, kemungkinan kali inipun Apple akan kembali bergantung kepada musuh bebuyutannya ini untuk mengembangkan Siri. Ataukah Apple akan mencari rekanan lain? Saat ini semuanya masih belum pasti. [HBS]

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0