Saingi Apple, Google Ikut Garap Sepatu Pintar?

Telset.id, Jakarta – Tidak ingin tertinggal oleh Apple dan Samsung, kini Google dikabarkan juga akan mengembangkan sepatu pintar. Yang menarik, sepatu ini dilengkapi dengan sensor yang dapat memperingatkan jika pemakainya bertambah gemuk.

Raksasa teknologi asal Amerika ini dilaporkan sedang mencari perusahaan sebagai mitra untuk membantu mengembangkan dan memasarkan sepatu futuristik ini.

Google tampaknya sedang berusaha mengambil langkah besar lain dalam misinya untuk mengambil alih kehidupan orang. Divisi Life Science milik Google, Verily mengaku sedang merancang sepatu yang dilengkapi dengan sensor yang dapat menentukan berapa berat pengguna dan memantau aktivitas mereka.

Selain memantau tingkat kebugaran, sepatu pintar ini juga dapat diprogram untuk mendeteksi apabila si pengguna jatuh atau mengalami kecelakaan. Artinya, sepatu ini dapat menarik pelanggan yang lebih tua karena mereka dapat mengirimkan peringatan kepada keluarga atau pengasuh.

Teknologi “pendeteksi jatuh” yang serupa ditempatkan pada jam tangan raksasa teknologi saingannya, Apple, pada tahun lalu.

{Baca juga: Samsung Bikin Sepatu Pintar?}

Jika pengembangan sepatu pintar ini berlanjut, sepatu pintar ini akan ditargetkan bagi pemakai yang sadar kesehatan. Sebab, sepatu ini juga dapat memperingatkan apabila pengguna mengalami gagal jantung kongestif, gejala peningkatan berat badan mendadak melalui retensi cairan.

Meskipun ada manfaat nyata bagi kesehatan, namun ada kekhawatiran sepatu pintar ini mungkin melanggar kebebasan pribadi.

Asuransi jiwa juga dapat menggunakan teknologi ini untuk menentukan berapa banyak beban atau tingkat latihan bagi pelanggan mereka.

The Wall Street Journal, baru-baru ini mengungkapkan bahwa perusahaan asuransi memantau bagaimana pelanggan mereka berperilaku online untuk menilai kesehatan mereka.

Termasuk memeriksa foto media sosial dari mereka yang sedang minum atau merokok.  Ini terjadi setelah Verily merilis lensa kontak “pintar” yang dapat memonitor kerusakan mata penggunanya.

Sebelumnya, Apple dikabarkan memperluas kemampuannya dengan menciptakan sepasang sepatu hi-tech alias sepatu pintar. Apple telah merancang sistem alas kaki cerdas yang akan memberitahu saat sol sepatu hampir habis.

Raksasa teknologi asal California ini mengklaim, desain sepatu pintarnya dapat mencegah kerusakan pada kaki dan menghindari cedera.

{Baca juga: Apple akan Bikin Sepatu Pintar ‘iShoes’?}

Lembaga paten merek dagang Amerika telah memberi Apple hak paten untuk ‘smart sneakers’, yang berarti tidak akan ada orang lain yang bisa mencuri ide, karena sudah dilindungi secara hukum.

Sepatu pintar buatan Apple ini dilengkapi dengan sensor yang bisa melacak seberapa lelah tumit atau telapak kaki si pengguna ketika menggunakan sepatu. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0