Apple akan Bikin Sepatu Pintar ‘iShoes’?

Telset.id, Jakarta – Apple terkenal karena membuat gadget premium seperti iPhone, iPad, dan MacBook. Namun, kali ini Apple memperluas kemampuannya dengan menciptakan sepasang sepatu hi-tech alias sepatu pintar.

Apple telah merancang sistem alas kaki cerdas yang akan memberitahu saat sol sepatu hampir habis. Raksasa teknologi asal California ini mengklaim, desain sepatu pintar ini dapat mencegah kerusakan pada kaki dan menghindari cedera.

Lembaga paten merek dagang Amerika telah memberi Apple hak paten untuk ‘smart sneakers’, yang berarti tidak akan ada orang lain yang bisa mencuri ide, karena sudah dilindungi secara hukum.

Sepatu pintar buatan Apple ini dilengkapi dengan sensor yang bisa melacak seberapa lelah tumit atau telapak kaki si pengguna ketika menggunakan sepatu.

Baca juga: Apple Video Siap Meluncur Tahun Depan

“Dalam satu perwujudan, sensor aus sepatu mencakup setidaknya satu detektor untuk merasakan metrik fisik yang berubah saat sepatu habis dipakai,” tulis teks paten Apple.

Sensor ini akan dihubungkan dengan prosesor komputer yang akan mendeteksi sinyal dari sepatu. Jika kondisi sepatu sudah mengkhawatirkan, sepatu pintar Apple ini akan mengingatkan pengguna dengan ‘alarm’ untuk menginformasikan kepada pengguna, bahwa sol sepatunya sudah aus.

Alarm tidak dideskripsikan secara mendetail, namun kemungkinan ini akan berbentuk semacam pemberitahuan dari aplikasi di iPhone atau Apple Watch. Mungkin ide ini terdengar sedikit aneh, namun cedera pada kaki merupakan masalah serius menurut Apple.

Baca juga: Apple Cari ‘Ahli Sistem Syaraf’ untuk Kacamata AR?

“Perlindungan fisik oleh sepatu terhadap kaki menjadi berkurang, sehingga akan mengurangi perlindungan sepatu dari cedera,” katanya.

Ketika tingkat keausan kritis tercapai, bahkan jika sepatu tampak seperti sudah tidak layak pakai, sepatu tidak memberikan perlindungan yang memadai dan mungkin, akan menyebabkan kerusakan pada kaki.

Lantas, kapan kita bisa mendapatkan sepasang sepatu pintar ‘Apple iShoes’?

Apple pertama kali mengajukan paten pada 7 Mei 2018, sehingga mungkin ketika menemukan konsep itu sedikit lebih awal. Masalahnya adalah, perusahaan yang telah mengajukan paten, belum menjamin bahwa desain yang dipatenkan akan diproduksi dan dijual ke pasar umum.

Bahkan setelah paten diberikan oleh regulator, Apple tidak berkewajiban untuk benar-benar mewujudkan desainnya. Namun, dengan paten tersebut, tidak ada yang dapat menggunakan desain dan menjual sepatu seperti desain yang dipatenkan Apple di AS, tanpa membayar biaya lisensi kepada Apple.

Apple berpotensi tidak akan pernah membuat sepasang iShoes, dan mungkin hanya memiliki hak paten selamanya. Kabar baiknya, Apple telah memiliki sejumlah gadget baru yang akan segera hadir.

Baca juga: Suksesor iPhone X Bernama iPhone XS Max?

Apple diketahui akan menggelar acara peluncuran produk pada 12 September, di markas baru mereka Apple Park HQ. Pada acara tersebut, para penggemar Apple berharap untuk melihat tiga smartphone baru, iPhone 9, iPhone XS dan iPhone XS Max.

Selain itu, Apple juga dikabarkan akan memperkenalkan iPad Pro baru, Apple Watch 4, dan bahkan headphone AirPods terbaru. So, siap-siap untuk para Apple fanboy. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Peneliti Ciptakan “Joystick Mulut” untuk Penyandang Disabilitas

Telset.id, Jakarta – Insinyur dari Köln International School of Design, Jerman, menciptakan “joystick" berbasis mulut yang memungkinkan orang penyandang...

Apple Ingin Ubah iPhone jadi Mesin Kasir Canggih

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya ingin mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran, seperti sebuah mesin kasir canggih untuk toko ritel....

Sikat! Beli MSI Bravo 15 Gratis Assassin’s Creed Valhalla

Telset.id, Jakarta - MSI resmi menghadirkan laptop gaming terbaru mereka ke Indonesia, Bravo 15. Untuk menyambutnya, MSI pun menggelar promo...

Terkait “Obat Covid-19”, Anji dan Hadi Pranoto Dilaporkan ke Polisi

Telset.id, Jakarta - Video YouTube terkait "obat Covid-19" yang menampilkan Anji dan Hadi Pranoto berujung ke ranah hukum. Keduanya...

Microsoft Akui Berminat Akuisisi TikTok

Telset.id, Jakarta – Microsoft akhirnya mengakui berminat untuk akuisisi TikTok. Pengakuan tersebut disampaikan melalui postingan di situs resmi perusahaan....
- Advertisement -