Layanan VPN Gratis Opera Kini Hadir untuk Android

Telset.id, Jakarta –  Opera memberikan pembaruan pada aplikasi browser untuk Android. Kabarnya Opera telah menambahkan fitur Virtual Private Network atau VPN gratis tanpa batas ke browser-nya bagi para pengguna Android.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Sabtu (09/02/2019) peluncuran ini dilakukan secara bertahap ke pengguna dalam versi beta terlebih dahulu sebelum membuatnya lebih banyak tersedia bagi banyak pengguna.

Melalui VPN gratis ini Anda dapat mengatur lokasi Anda misalnya dari benua Amerika, Eropa, Asia atau juga bisa melakukan pengaturan secara otomatis sehingga nanti dipilih lokasi dengan koneksi yang maksimal.

Ada juga opsi untuk mematikan VPN sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak hasil yang lokal sesuai lokasi Anda saat ini. Untuk fitur ini Anda dapat mengaktifkannya di tab pribadi Anda.

{Baca juga: Kominfo Ingatkan Serangan Malware VPNFilter pada Router!}

Memberikan fitur VPN bagi pengguna bukan inovasi pertama yang dilakukan oleh Opera. Sebelumnya Opera memiliki aplikasi VPN untuk Android dan iOS yang sudah ditutup tahun lalu ketika pihak pengembang aplikasi meninggalkan Opera.

Pihak Opera pun tidak tinggal diam dengan menghadirkan layanan VPN untuk Android yang sudah hadir saat ini. Melalui fitur ini maka orang tidak perlu harus mengambil aplikasi tambahan untuk menggunakannya, dan itu akan memberi mereka lapisan perlindungan privasi tambahan.

Sayangnya fitur ini baru hadir di perangkat Android saja. Tidak jelas apakah atau kapan Opera akan membawa VPN ke aplikasi iOS-nya. Pada 2016 lalu Opera juga  resmi meluncurkan Opera untuk Komputer dengan fitur VPN yang gratis, mudah digunakan, tanpa perlu mendaftar.

Dengan peluncuran ini, maka Opera adalah browser besar pertama yang meluncurkan layanan VPN terintegrasi pada browser.

{Baca juga: Layanan VPN Gratis Kini Tersedia di Opera}

“Berdasarkan survey yang kami lakukan, kami tahu bahwa pengguna internet peduli tentang privasi online mereka dan kebutuhan untuk VPN juga meningkat,” ujar Krystian Kolondra, Senior Vice President Opera untuk Komputer,

Lebih lanjut, namun, ada dua hambatan utama yang menghalangi orang untuk menggunakan VPN. Pertama, mereka merasa bahwa VPN terlalu rumit untuk digunakan, dan yang kedua mereka harus berlangganan bulanan.

Opera menyelesaikan kedua masalah ini dengan memperkenalkan layanan VPN gratis yang juga mudah penggunaannya dan langsung terintegrasi pada browser. [NM/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here