Saham Google Anjlok Gegara Gmail Down Berjam-jam

Telset.id, Jakarta – Hampir selusin layanan Google mengalami down atau gangguan layanan selama berjam-jam pada Kamis (20/08/2020), termasuk Gmail. Beberapa pengguna tidak dapat mengirim email atau mengunggah file.

Google melaporkan masalah di 10 layanan Google Suite mulai pukul 01.30 waktu setempat, termasuk kendala pengiriman pesan Gmail, membuat file di Drive, memposting pesan, dan merekam rapat dengan Google Meet.

Google mengatakan bahwa pada pukul 07.10 seluruh gangguan bisa diperbaiki, yang tampaknya memengaruhi akun pribadi pengguna di seluruh dunia dan yang tertaut ke perusahaan pengakses Google Suite.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih atas kesabaran dan dukungan Anda. Keandalan sistem adalah prioritas utama di Google. Kami akan terus melakukan perbaikan,” terang Google.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Sabtu (22/08/2020), platform video milik Google, YouTube, memperbaiki penundaan dalam pemrosesan unggahan video yang mulai dialami pengguna sekitar pukul 01.00.  

{Baca juga: Gmail Down Secara Misterius, Ribuan Orang Amerika Protes}

Gangguan tersebut terjadi di tengah pergeseran besar-besaran ke pekerjaan jarak jauh selama pandemi virus corona. Banyak perusahaan dan pegawai yang sangat bergantung kepada layanan milik Google.

Google belum memberikan penjelasan secara langsung. Perusahaan hanya merujuk ke dasbor publik sebagai tanggapan atas pertanyaan yang dikirim melalui email, termasuk penyebab masalah dan dampak gangguan.

Namun, pada hari yang sama, saham di perusahaan induk Google, Alphabet, turun 0,3 persen dalam perdagangan pra-pasar menjadi USD 1.542,90 per lembar. Hari sebelumnya, saham Google juga turun 0,7 persen.

Gmail Down Bikin Pengguna Protes

Pada Kamis (20/08/2020), layanan Google, termasuk Gmail mengalami down. Alhasil, banyak orang mengeluhkan sulitnya mengakses layanan G Suite, terutama layanan email Gmail.

Berdasarkan pantauan dari situs pendeteksi laman down, DownDetector, memang ada ribuan laporan tentang tumbangnya layanan Gmail dan Google Drive selama sejam terakhir.

{Baca juga: Duh! Situs Tiga Maskapai Down Gara-gara Google}

Di situs DownDetector, keluhan terbanyak (sebesar 62%) terjadi pada fitur attachment atau fitur yang memungkinkan pengguna melampirkan file pada email. Ada juga keluhan pada login (21%), dan 16% keluhan menyebut mereka tak bisa menerima pesan Gmail. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0