Rampung 100%, Palapa Ring Paket Timur Siap Digunakan

Telset.id, Jakarta –  Setelah dilakukan uji coba beberapa waktu lalu, Menkominfo Rudiantara memastikan jika proyek Palapa Ring Paket Timur telah selesai 100% dan siap digunakan.

“Sudah selesai 100 persen. Kalau meresmikan tinggal tunggu momentum saja, sudah bisa dipakai,” kata pria yang akrab dipanggil Chief RA.

{Baca juga: Palapa Ring Paket Timur Terhambat, Begini Penjelasan BAKTI}

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo pada Senin (16/09/2019) pihaknya sudah menguji jaringan internet cepat melalui uji coba panggilan video dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, Papua.

“Kemarin juga digunakan video conference untuk Bupati Asmat dengan Bupati Nunukan. Itu kan jauh sekali. Satu di gunung, satu di perbatasan Malaysia sana,” ujarnya.

Menteri Rudiantara menjelaskan, proyek Palapa Ring mampu meningkatkan sejumlah sektor potensial di wilayah Timur Indonesia. Salah satunya yakni industri game, yang peminatnya menurut Rudiantara semakin banyak di Tanah Air.

“Kita sudah menyelesaikan Palapa Ring bulan lalu. Semua orang kini bisa main di manapun di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Pada Maret lalu, Rudiantara menjelaskan bahwa Proyek Palapa Ring Paket Timur mencapai 94%. Namun ketika sudah selesai, Rudiantara meminta kepada masyarakat Papua agar tidak culture shock karena mereka akan memiliki jaringan internet berkualitas, jika paket timur selesai.

“Perlu ada edukasi literasi masyarkat. Supaya saat ada internet kenceng tidak terjadi cultural shock, jadi budaya macam-macam,” kata Rudiantara di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (20/03/2019).

{Baca juga: Palapa Ring Paket Timur Hampir Rampung, Ini Pesan Menkominfo}

Pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi paket Barat, Tengah, dan Timur berdasarkan letak geografis. Palapa Ring Barat, yang sudah selesai sejak Maret 2018, menjangkau Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 kilometer di darat.

Palapa Ring Tengah meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua. [NM/HBS]

Previous articleMemori Smartphone Android Penuh? Bersihkan Pakai Cara Ini
Next articlePlay Store di Android 10 Dapatkan Fitur Dark Mode

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here