Memori Smartphone Android Penuh? Bersihkan Pakai Cara Ini

Telset.id, Jakarta Hapus cache atau file sampah di smartphone Android merupakan cara mudah untuk “mengakali” sempitnya ruang penyimpanan yang ada. Memang, saat ini memori internal di smartphone Android sudah ada yang mencapai 512GB atau bahkan 1TB, dengan opsi perluasan menggunakan microSD.

Dengan memori sebesar itu, tentu tidak akan jadi masalah besar, ketika pengguna menyimpan banyak data dalam bentuk foto maupun video.

Tapi yang perlu jadi perhatian adalah smartphone dengan memori internal 64GB atau bahkan lebih kecil. Para pengguna smartphone tersebut harus rutin mengosongkan sebagian ruang penyimpanan dengan membersihkan cache apabila rajin menyimpan data.

{Baca juga: Awas! Ada Undangan Palsu di Google Calendar}

Selain untuk melapangkan ruang penyimpanan, membersihkan cache juga bisa meningkatkan kinerja smartphone. Lebih-lebih, cara melakukannya tak rumit-rumit amat. Belum tahu? Simak uraian Telset.id berikut ini.

Buka Settings > Storage, kemudian ketuk di setiap kategori yang terdaftar (Foto dan video, Musik dan audio, Games, Film dan TV, serta aplikasi lain). Setelahnya, Anda akan melihat daftar aplikasi di setiap kategori.

Ketuk sekali, Anda akan melihat informasi yang berkaitan ke aplikasi tertentu. Selanjutnya, bersihkan memori dengan mengetuk opsi Clear cache di bawah nama aplikasi.

Satu hal yang patut diperhatikan, jangan mengetuk Clear storage karena akan menghapus data yang Anda simpan di perangkat. Sekali lagi, ketuklah Clear cache untuk menghapus cache hingga 0B.

{Baca juga: Nonton Film Gratis dengan 4 Aplikasi ini, Dosa Tanggung Sendiri!}

Anda akan cepat terbiasa melakukan hal itu. Dengan cara ini juga, Anda bisa menghapus file sampah dari aplikasi browser, dan lagi, cara ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Mudah kan? (SN/FHP)

Sumber: phoneArena

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0