Palapa Ring Paket Timur Hampir Rampung, Ini Pesan Menkominfo

Telset.id, Jakarta Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa pembangunan Palapa Ring Paket Timur sudah mencapai 94%. Untuk itu Rudiantara meminta kepada masyarakat Papua agar tidak culture shock karena mereka akan memiliki jaringan internet berkualitas, jika paket timur selesai.

Hal ini dikatakan Rudiantara saat melakukan video call dari Jakarta dengan pejabat Kabupaten Sorong, Papua melalui jaringan Palapa Ring.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo meminta masyarakat untuk meningkatkan edukasi literasi di Papua supaya mereka tidak kaget ketika jaringan 4G datang.

“Perlu ada edukasi literasi masyarkat. Supaya saat ada internet kenceng tidak terjadi cultural shock, jadi budaya macam-macam,” ujar Rudiantara di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (20/03/2019).

Dia mengungkapkan, bahwa dirinya khawatir jika tanpa ada edukasi, masyarakat malah memanfaatkan internet untuk menyebarkan konten hoaks di media sosial. Sesuatu yang bisa berakhir di meja hukum melalui Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

{Baca juga: Tuntas 100%, Palapa Ring Paket Tengah Siap Uji Coba Operasi}

“Media sosial tidak untuk menyebarkan hoaks, kita memerangi hoaks di dunia maya,” tambahnya.

Rudiantara bercerita saat dirinya mengunjungi sebuah SMP di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Ketika itu para siswa kaget karena fotonya masuk berita di salah satu media online, tanpa mereka sadari.

“Pas browsing mereka kaget karena keluar foto mereka saat sedang di kelas. Perubahan culture ini yang harus disiapkan,” ucapnya.

Saat ini Proyek Palapa Ring Paket Timur sudah mencapai 94%. Rencananya Proyek tersebut akan selesai pada Juni 2019 mendatang. “Status 94% kontruksinya target 2019 selesai dengan jadwal perkiraan bulan Mei atau Juni,” kata Menkominfo.

{Baca juga: Uji Palapa Ring, Rudiantara Video Call dengan Nelayan Natuna}

Seperti telah diberitakan sebalumnya, Menkominfo melakukan uji coba jaringan Palapa Ring dengan dua nelayan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna. Dalam uji coba itu, Rudiantara melakukan video call dengan dua nelayan bernama Safarudin dan Sahidan yang sedang berada di tengah laut.

Kepada Rudiantara dan tamu undangan di Jakarta, Sahidan memperkenal diri berasal dari Pulau Tiga, Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. “Perkenalkan saya Sahidan, umur saya 41 tahun dan saya berasal dari pulau Tiga Natuna,” ujar Sahidan via video call. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Anak-anak Kecanduan Main TikTok? Begini Cara Mencegahnya

Telset.id, Jakarta - TikTok rupanya tak ingin pengguna terus-terusan TikTok-an tanpa mengenal waktu. Alhasil, media sosial yang tengah booming dan...

Twitter Tandai Kicauan Hoaks yang Diunggah Warganet

Telset.id, Jakarta - Twitter saat ini tengah mencoba fitur baru untuk mencegah berita hoaks di platform. Fitur baru Twitter ini nantinya...

Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android

Telset.id - Menambahkan watermark di foto merupakan hal yang selalu dilakukan oleh para fotografer. Biasanya, untuk tambahkan watermark pada foto...

Grab Dapat Modal Rp 9,7 Triliun dari Mitsubishi UFJ

Telset.id,Jakarta - Grab dilaporkan telah menerima investasi sebesar USD 700 juta atau setara Rp 9,7 triliun dari perusahaan perbankan...

Fitur Unik Android 11: Ketuk Body untuk Aktifkan Assistant

Telset.id, Jakarta - Suksesor Android 10, yakni Android 11 diharapkan akan diperkenalkan Google di tahun ini dengan membawa beragam fitur...
- Advertisement -