Robot Ini Bisa Basmi Bakteri dan Kuman di Kasur

Telset.id, Jakarta – Sebuah robot aneh, yang dapat berjalan sendiri di atas tempat tidur hotel dan membasmi bakteri dan kuman segera diluncurkan. Robot ini dapat menavigasi dirinya di antara seprei kasur dengan roda kecilnya.

Robot ini kelak akan menjadi salah satu peralatan penting yang harus Anda bawa ketika liburan, selain lotion matahari, handuk, paspor, dan peralatan lainnya.

Robot sanitasi dan disinfektan seukuran saku baju ini telah dikembangkan dengan tujuan untuk membunuh kuman dan bakteri apa pun yang bersembunyi di tempat tidur kamar hotel. Bagaimana cara kerjanya?

Menurut pengembangnya, tim robotika di Ventur Studio yang berbasis di AS, robot bernama CleanseBot ini menggunakan iradiasi kuman ultraviolet  atau lebih dikenal sebagai sinar UV untuk menghancurkan kuman dan bakteri.

Ukurannya yang cukup kecil memungkinkan robot ini disimpan dalam koper anda. Gadget ini membutuhkan waktu sekitar empat jam untuk mengisi daya dan dapat membersihkan selama tiga jam untuk sekali pengisian.

{Baca juga: Yuk Intip 7 Hotel Tercanggih, Ada yang Pakai Pelayan Robot}

Robot pintar ini akan membasmi kuman dan bakteri selama 30 hingga 60 menit,  tergantung ukuran tempat tidur anda.

Dalam mode “under-blanket”, robot pembersih ini dapat berkeliaran di  kasur secara otomatis. Atau Anda juga dapat mengaktikan mode “genggam” yang memungkinkan anda menggerakannya secara manual dengan tangan.

Robot ini menggunakan 18 sensor untuk navigasi dan menghindari dirinya dari terjerat seprai atau jatuh dari tepi tempat tidur.

Penemu CleanseBot, Tom Yang dan Cecilia Hsu, mengatakan mereka terinspirasi untuk mengembangkan perangkat ‘zerm-zapping’ setelah memeriksa sebuah hotel terkenal di dunia dan menemukan ternyata tempat tidur di kamar hotel tersebut tidak bersih.

Tapi apakah ranjang hotel benar-benar kotor? Sebuah studi Universitas Houston 2012 menemukan rata-rata 112,7 unit pembentuk koloni bakteri per sentimeter kubik di 19 permukaan kamar hotel yang berbeda.

{Baca juga: Robot Ini Jamin Wisatawan Tak Tersesat Saat Jalan-jalan}

Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa remote control TV, bukan tempat tidur, hal yang paling kotor di ruangan hotel.

CleanseBot rencananya akan dijual seharga US $ 259 atau sekitar Rp 3,6 juta, setelah dana yang dikumpulkan melalui crowdfunding tercukupi. Saat ini, di halaman Kickstarter untuk alat ini telah terkumpul lebih dari US $ 1,1 juta. [BA/HBS]

Sumber: The Star

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0