Robot Ini Jamin Wisatawan Tak Tersesat Saat Jalan-jalan

Telset.id, Jakarta – Kini para wisatawan yang berkunjung ke Jepang bakal merasakan perjalanan yang semakin mengasyikan. Sebab, saat ini di Tokyo terdapat tempat penyewaan robot humanoid berukuran mungil yang siap membantu sekaligus menemani mereka ketika menjelajah tempat-tempat menarik di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Robot humanoid bernama RoBoHon itu diciptakan oleh perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp. Robot ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2016 lalu dengan harga USD 1.800 atau sekitar Rp 23 jutaan.

RoBoHon punya tinggi sekitar 8 inch atau sekitar 20 sentimeter. Robot tersebut juga memiliki layar berukuran 3 inch di bagian belakang dan dilengkapi dengan kamera depan yang dapat mengidentifikasi orang-orang yang menatapnya.

Robot yang menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop itu juga sudah memiliki fitur Voice Recognition dan Built-in Projector yang dapat menampilkan video ataupun foto.

Dilansir dari CNBC, untuk dapat menyewanya, para wisatawan diharuskan mengeluarkan biaya sekitar USD 12 atau Rp 165 ribuan per harinya. Tapi jika mau menyewanya dalam waktu lama, akan ada diskon yang bakal mereka dapatkan.

Baca Juga: Para Pekerja di Jepang Tidak Takut Digantikan Robot

RoBoHon dilengkapi dengan GPS atau alat pelacak lokasi sehingga bisa mengawal keberadaan si penyewa selama melakukan perjalanan. Robot ini juga juga dilengkapi sistem khusus sehingga dimungkinkan untuk memberi usulan atau ide kepada penyewa ketika bingung ketika akan melakukan sesuatu.

Yang menarik, selain dapat menjadi teman berbicara wisatawan selama perjalanan, RoBoHon juga dapat membantu penyewanya ketika ingin mengambil foto. Bahkan, RoBoHon juga mampu menjelaskan tempat-tempat wisata secara terperinci kepada penyewanya.

Bisa dibilang, RoBoHon lebih mirip sebuah asisten robot dibanding sebagai sebuah smartphone. Pemilik bisa berinteraksi dengan RoBoHon melalui suara untuk menjalankan fungsi-fungsi yang dimiliki. Keren kan? (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI