Prosesor Baru Intel Bisa Bangunkan PC Lewat Suara

Intel prosesorJAKARTA – Ada yang menarik dari prosesor terbaru besutan Intel, Skylake. Prosesor ini konon bisa membangunkan PC Anda hanya dengan suara. Ya, Anda cukup mengucap “hei Cortana” atau “Cortana, bangun”, maka  PC berbasis Windows 10 Anda akan segera aktif.

Dengan chip Skylake ini, suara Anda akan ditangkap oleh sinyal digital prosesor yang dikeluarkan dari dalam chip yang akan membangunkan PC Anda dari tidurnya. Setelah bangun, Cortana akan mengambil alih dan Anda dapat menggunakan semua perintah suara standar, termasuk memintanya untuk memutar musik atau video.

Diumumkan dalam Forum Developer Intel yang berlangsung di San Francisco baru-baru ini, fitur ajaib yang dibenamkan Intel di badan prosesor barunya ini sebenarnya bukan lagi sebuah hal yang benar-benar baru, atau kali pertama ditemukan. Sebelumnya, fitur serupa juga bisa ditemukan pada Microsoft Xbox dan Motorola Moto X.

Intel tidak menyebutkan berapa banyak daya yang akan dikonsumsi oleh modus ini, apabila ia selalu menyala dan mendengarkan apapun yang dikatakan pemiliknya, pun demikian dengan apakah pengguna akan memerlukan perangkat keras tambahan atau tidak untuk memerintah komputernya dengan kata-kata.

Namun, seperti dilansir dari Engadget, Rabu (19/8/2015), Intel mengatakan bahwa aktivasi suara secara teknis mungkin untuk dilakukan dengan chip Core M tahun lalu. Jadi tidak akan terbatas pada Windows 10.

Windows 10 dan integrasinya dengan Cortana boleh dibilang hanya mengambil keuntungan dari fitur baru ini. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here