telset

Prediksi 10 Fitur Baru di Samsung Galaxy S5

Galaxy S5 concept

Jakarta – Samsung kabarnya akan mempercepat waktu perilisan Samsung Galaxy S5 pada Januari 2014 mendatang. Generasi terbaru dari keluarga seri Galaxy itu juga diklaim akan mengusung sejumlah fitur yang lebih baik.

Penjualan Galaxy S4 tidak terlalu membuat Samsung puas. Oleh sebab itu, perusahaan asal Korea Selatan itu memutuskan untuk mempercepat perilisan Galaxy S5. Langkah ini diperkirakan sebagai upaya Samsung meredam iPhone 5S yang sukses di pasaran.

Menariknya, Galaxy S5 disebut-sebut akan membawa sejumlah fitur baru yang lebih baik dari seri sebelumnya. Apa saja fitur baru di Galaxy S5? Ini dia rangkumannya yang telsetNews kutip dari PhoneArena, Kamis (31/10):

[slider] [pane]

Plastik substrat OLED display

 

1. Plastik substrat OLED display

Setelah diterapkan untuk layar fleksibel/ melengkung Galaxy Round, maka teknologi plastik substrat OLED display kemungkinan juga akan digunakan Galaxy S5. Kalebihannya, jenis layar plastic subtrat lebih kuat dibanding AMOLED display yang digunakan Galaxy S4. Selain itu, desain Galaxy S5 akan menjadi lebih tipis atau cocok dengan kapasitas baterai lebih besar. Lalu apakah layar Galaxy S5 juga melengkung? Menurut kami, kemungkinan Galaxy S5 tidak menggunakan layar melengkung.

[/pane]

[pane]

Fingerprint sensor

 

2. Fingerprint sensor

Fitur fingerprint sensor di perangkat smartphone semakin populer setelah Apple menerapkannya di iPhone 5S. Sebagai pesaing utama Apple, tentu saja Samsung tidak akan mau kalah menghadirkan fitur sensor sidik jari di perangkat terbarunya, Galaxy S5. Kemungkinan fitur fingerprint di Galaxy S5 akan terintegrasi dengan Play Store untuk mengaktifkan fungsi autentikasi sidik jari dengan toko aplikasi Android tersebut.

[/pane]

[pane]

Kamera resolusi tinggi dengan lossless zoom

 

3 . Kamera resolusi tinggi dengan lossless zoom

Tren ponsel dengan sensor kamera resolusi tinggi sedang menjadi tren. Dengan munculnya sensor kamera super resolusi tinggi, produsen ponsel mampu membangun 2x – 3x kemampuan lossless zoom dalam ponsel mereka. Resolusi 13MP Galaxy S4 tidak akan memungkinkan untuk fungsi tersebut. Tetapi jika Samsung meningkatkan sensor kamera Galaxy S5 menjadi 20MP, maka dapat dengan mudah menambahkan rasa lossless zoom dan hasil jepretan kameranya akan menjadi indah.

[/pane]

[pane]

Video recording 1080p pada 60 fps dan OIS

 

4 . Video recording 1080p pada 60 fps dan OIS

Galaxy S5 dipastikan akan menggunakan chipset baru yang lebih cepat, maka kemungkinan Samsung juga akan menambah fungsi perekaman video 1080p pada 60 fps dan didukung teknologi optical image stabilization(OIS). LG G2 merupakan salah satu smartphone pertama yang memiliki kemampuan perekaman video 60 fps. So, bukan tidak mungkin Galaxy S5 juga akan mengadopsi teknologi ini juga.

[/pane]

[pane]

Desain lebih premium

 

5 . Desain lebih premium

Samsung menjadi bahan cemohan para pesaingnya saat meluncurkan Galaxy S4 yang masih menggunakan material plastik. Meski menawarkan berbagai fitur canggih, namun Galaxy S4 tetap nampak murahan karena masih terbuat dari plastik. Maka tidak ada alasan bagi Samsung untuk tidak memberikan desain Galaxy S5 sedikit lebih berkelas dengan menggunakan bahan metal agar terkesan lebih premium.

[/pane]

[pane]

Voice commands selalu aktif

 

6. Voice commands selalu aktif

Tidak ada yang menyangkal bahwa fitur perintah suara (voice commands) di Google Now menjadi fitur yang semakin berguna pada ponsel Android.  Hanya sayangnya sekarang fitur ini masih terbatas. Namun Motorola telah menemukan solusi untuk masalah ini dengan chipset X8, yang dapat memberikan fitur voice commands yang selalu aktif. Dengan dukungan natural language pada chipset X8, Galaxy S5 diharapkan dapat menjalankan voice commands yang selalu aktif.

[/pane]

[pane]

Reproduksi warna lebih akurat

 

7 . Reproduksi warna lebih akurat

Layar AMOLED dari Samsung Galaxy S4 pada awalnya terlihat mengesankan. Namun jika dilihat secara detail dengan lebih teliti, maka Anda akan melihat warna kehijauan dan kebiruan. Samsung tampaknya sudah mengetahui masalah tersebut, sehingga kemungkinan Galaxy S5 akan didukung layar dengan reproduksi warna yang lebih akurat mendekati warna asli.

[/pane]

[pane]

visibilitas layar di luar ruangan lebih baik

 

8 . Kemampuan visibilitas layar di luar ruangan lebih baik

Salah satu kelemahan layar Galaxy S4 adalah visibilitas outdoor. Penyebabnya karena layar AMOLED biasanya memiliki output kecerahan yang lebih rendah dibandingkan dengan layar LCD, sehingga menyulitkan pengguna melihat layar S4 di bawah sinar matahari langsung. Namun Samsung telah melakukan peningkatan yang sangat substansial untuk layar Galaxy Note 3, dan kemungkinan Galaxy S5 juga akan mendapat peningkatan ini.

[/pane]

[pane]

Speaker ‘BoomSound’ ala Samsung

9. Speaker ‘BoomSound’ ala Samsung

Samsung selama ini memang dikenal tidak terlalu memberi perhatian lebih pada speaker di perangkat-perangkat ponselnya, namun itu tidak berarti speaker mereka selalu buruk. Karena sebenarnya kualitas speaker Galaxy S4 juga cukup layak sebagai speaker smartphone. Dan bukan tidak mungkin Samsung memutuskan untuk menambahkan speaker tambahan untuk beberapa efek stereo sehingga speaker Galaxy S5 akan terdengar lebih dasyat seperti speaker BoomSound dari HTC One.

[/pane]

[pane]

Desain baru TouchWiz UI

 

10. Desain baru TouchWiz UI

Samsung menghadirkan desain baru TouchWiz UI pada seri Galaxy S3, tapi hingga Galaxy S4 rilis tidak banyak perubahan yang ditemukan pada desain TouchWiz UI. Hingga saat ini memang belum ada indikasi akan ada perubahan, namun dengan dirilisnya Galaxy S5, diharapkan Samsung akan merombak desain TouchWiz UI menjadi sedikit lebih modern, intuitif, dan seragam.

[/pane] [/slider]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0