Pokemon GO Lebih Populer dari Twitter, WhatsApp, dkk

Telset.id, Jakarta – Sejak dirilis pertama kali pada minggu lalu, game Pokemon Go langsung mendapat respon yang luar biasa dari para gamer. Popularitas game dengan teknologi augmented reality (AR) ini bahkan diklaim hampir melampaui Twitter.

Dunia tengah demam Pokemon Go. Ya, itulah yang sering diungkapkan untuk menggambarkan betapa populernya game besutan Niantic Labs, Nintendo, dan Pokemon Company tersebut.

Kepopuleran Pokemon Go dapat tergambar dalam laporan terbaru perusahaan analis SimilarWeb. Menurut catatan SimilarWeb, sekitar 5,16% pengguna smartphone Android di Amerika Serikat sudah mengunduh game Pokemon Go sejak tanggal 8 Juli atau dua hari setelah perilisan resminya.

[Baca juga: Baru Dirilis, Pokemon GO Sudah Kena “Semprit” Polisi]

Bahkan jumlah pengguna smartphone Android di AS yang menginstall Pokemon Go lebih banyak dibandingkan pengguna Android yang mengunduh aplikasi Tinder pada tanggal 7 Juli. Padahal kita tahu, Tinder merupakan aplikasi kencan yang tengah populer di AS

Efek “demam” Pokemon Go ternyata benar-benar sudah melanda warga AS. SimilarWeb mengungkapkan bahwa 60% penduduk di AS sudah mendownload Pokemon Go dan memainkannya setiap hari.

Dan meski baru rilis di beberapa negara (AS, Australia, dan Selandia Baru), namun Pokemon Go diprediksi akan melampaui Twitter, meski pengguna aktif harian Pokemon GO saat ini masih di bawah Twitter.

[Baca juga: Pokemon Go Resmi Rilis di Beberapa Negara]

Hebatnya, untuk durasi waktu penggunaan setiap harinya, Pokemon GO sudah berhasil melampaui sejumlah aplikasi populer, seperti WhatsApp, Instagram, Snapchat, dan Facebook Messenger.

Laporan SimilarWeb menyebutkan bahwa durasi waktu yang dihabiskan pengguna Pokemon Go setiap harinya mencapai 43 menit 23 detik pada tanggal 8 juli. Sebagai perbandingan, WhatsApp, Instagram, Snapchat dan Facebook Messenger masing-masing tidak lebih dari 30 menit setiap harinya.

[Baca juga: 9 Orang Jadi Korban Perampokan Akibat Pokemon GO]

Untuk saat ini data yang dibeberkan SimilarWeb memang baru berasal dari perangkat Android. Tapi jika melihat demam Pokemon Go yang terjadi di sejumlah negara, maka hampir dapat dipastikan game ini juga akan sama populernya di pengguna iOS. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here