Selain Jalur Mudik, Telkomsel Siaga di Tempat Wisata

Telset.id, Jakarta – Setelah mengawal lonjakan trafik komunikasi di momen mudik dan arus balik Lebaran, Telkomsel kini mengantipasti lonjakan trafik, khususnya komunikasi data, di sejumlah tempat wisata di wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar.

Telkomsel telah mengantisipasi dengan memperkuat jaringan di sejumlah titik destinasi wisata seperti Mall, taman rekreasi, obyek wisata alam seperti pantai, taman hiburan, resort/ tempat penginapan yang biasanya dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga pasca Lebaran.

Di wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar sendiri, Telkomsel telah mendeteksi sekitar 128 titik destinasi wisata yang menjadi Point Of Interest (POI) yang akan mengalami lonjakan trafik komunikasi pada, terutama pada saat memasuki akhir pekan.

Menurut Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi, sebagai langkah awal mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, Telkomsel telah menyiagakan sejumlah compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS 4G di lokasi destinasi wisata

“Lonjakan trafik layanan Data biasanya karena pelanggan mengakses internet dan social media, baik untuk unduh foto maupun streaming,” jelas Venusiana, Senin (11/7/2016).

Beberapa lokasi yang akan disiagakan Combat adalah seperti di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Sawarna Banten, Pantai Anyer dan Carita, obyek wisata Ujung Genteng, Taman Rekreasi Lembang, dan Pantai Pangandaran.

Telkomsel telah memprediksi puncak lonjakan trafik komunikasi di titik destinasi wisata wilayah operasional Area Jabotabek dan Jabar terjadi pada akhir kemarin pada tanggal 9 dan 10 Juli 2016.

Pada momen tersebut, di wilayah Jabotabek kenaikan trafik komunikasi data tertinggi terjadi di obyek wisata Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak-Banten, dengan kenaikan mencapai 878% dan obyek wisata Ujung Genteng di Sukabumi yang mencapai 170% dibandingkan hari biasa.

Sedangkan di wilayah operasional Regional Jawa Barat, dari 22 titik destinasi wisata yang telah dideteksi Telkomsel, kenaikan trafik komunikasi data tertinggi di obyek wisata Darajat di Garut sebesar 428%, serta wisata alam Kawah Putih dan Situ Patenggang di Bandung Selatan yang mencapai 443%.

Selama momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini juga, secara kualitas tingkat keberhasilan untuk delivery layanan komunikasi juga secara umum baik. Tingkat kesuksesan layanan data dan SMS mencapai lebih dari 99%, sementara tingkat kesuksesan layanan suara di atas 98%.

Menyambut momen Lebaran tahun ini, sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan peningkatan kualitas jaringan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, diantaranya dengan membangun 623 BTS baru dan memodernisasi 486 BTS. Telkomsel juga meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI