Studi: Ada 6 Miliar Planet Mirip Bumi di Galaksi Bima Sakti

Planet mirip Bumi

Telset.id, Jakarta – Studi terbaru menyebut ada enam miliar planet mirip Bumi di galaksi Bima Sakti. Penghitungannya diturunkan ke beberapa teori matematika sederhana milik pengamatan teleskop Kepler.

Awal pekan ini, sebuah penelitian menjadi berita utama. Bagaimana tidak, penelitian tersebut mengklaim bahwa ada 36 ras alien cerdas di Bima Sakti. Klaim didasarkan kepada kemungkinan kehidupan yang berkembang di planet mirip Bumi.

Menurut New York Post, dikutip Telset.id, Minggu (21/06/2020), dalam makalah baru di Astronomical Journal, para peneliti menggunakan data Kepler untuk memecahkan angka-angka dan menguak rahasia.

{Baca juga: Peneliti Temukan Planet Berdebu Ekstrem, Bisa Jadi “Rumah” Alien!}

Berdasarkan pengetahuan tentang Bumi di tata surya kita dan pembentukan dunia berbatu disebut zona layak huni, para peneliti percaya mungkin ada enam miliar planet mirip Bumi di Bima Sakti. Tentu saja, studi ini pun mengejutkan masyarakat dunia.

Peluang planet mirip Bumi di sekitar bintang kira-kira 18 persen. Atau, satu dari setiap lima bintang cocok untuk kehidupan. Lipat gandakan angka itu dengan jumlah bintang yang ada di seluruh galaksi kita.

{Baca juga: Ilmuwan Temukan “Bayangan Cermin” Bumi dan Matahari}

“Penghitungan saya menempatkan batas atas 0,18 planet serupa dengan Bumi per bintang tipe G. Hal tersebut membantu optimalisasi misi masa depan,” kata Michelle Kunimoto, rekan penulis penelitian.

Instrumen seperti Kepler punya pendukung baik untuk menemukan planet yang mengorbit dekat bintang. Namun, mereka kurang mahir dalam mendeteksi planet yang mengorbit di jarak yang lebih jauh. So, percayakah Anda dengan teori ini? (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here