Peneliti Jepang Kerahkan Robot Lebah untuk Selamatkan Bumi

Robot Lebah

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan Jepang mengatakan, robot terbang berukuran kecil menyerupai lebah dengan senjata gelembung diyakini bisa selamatkan Bumi. Robot itu bertugas menebar serbuk bunga.

Eijiro Miyako, sang ilmuwan, selama bertahun-tahun mengembangkan robot lebah tersebut. Namun, upayanya tak jua membuahkan hasil. Robot buatannya justru menghancurkan bunga selama proses tersebut.

Ide untuk mempersenjatai robot dengan gelembung datang saat ia bermain di taman dengan putranya yang berusia tiga tahun. Putranya sama sekali tidak cedera saat gelembung sabun menabrak dan wajahnya.

{Baca juga: Berkat Teknologi ‘Motion2Vec’, Peneliti Ciptakan Robot Ahli Bedah}

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (21/06/2020), proposisi aneh robot tersebut sebenarnya diperkenalkan oleh para peneliti dari Institut Sains dan Teknologi Lanjutan Jepang di Nomi.

Gelembung pada robot lebah punya struktur untuk membawa serbuk sari. Mereka menggunakan lima larutan sabun berbeda yang ditemukan di toko-toko. Dipilihlah lauramidopropyl betaine yang biasa untuk kosmetik.

{Baca juga: Peneliti akan Kirim Robot Serangga untuk Jelajahi Planet Lain}

Mereka juga menambahkan kalsium ke dalam campuran supaya tidak mengganggu keseimbangan kimia tanaman. Larutan sabun yang diserbuki lantas dimasukkan ke dalam semacam pistol gelembung.

Dengan laju sekitar 2.000 butir serbuk sari per gelembung, Miyako rekannya menemukan bahwa 95 persen bunga berhasil menciptakan buah. “Fantastis. Padahal hanya konsep tradisional,” terang Miyako. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here