Mirip YouTube, Kini Ada Pin untuk Komentar di Instagram

Pin Komentar Instagram

Telset.id, Jakarta – Sekarang ada pin untuk komentar Instagram. Fitur tersebut diuji coba oleh Instagram sejak Mei 2020 lalu, bersamaan dengan opsi untuk menghapus komentar secara massal.

Setelah dua bulan pengujian, seperti dilansir phoneArena, Instagram akhirnya memutuskan bahwa setidaknya satu dari fitur-fitur tersebut siap untuk digunakan. Fitur itu adalah pin untuk komentar.

Mulai kini, dikutip Telset.id, Kamis (09/07/2020), Instagram mengumumkan bahwa semua pengguna bisa mencicipi fitur berupa kemampuan untuk pin komentar. Lalu, apa tujuan Instagram?

{Baca juga: Biar Gak Bingung, Begini Cara Ganti Bahasa di Instagram!}

Instagram menjelaskan, fitur tersebut hadir untuk mendorong pengguna menyoroti percakapan positif. Caranya dengan menyematkan pin di bagian atas bagian komentar yang dianggap berguna.

Dalam kasus khusus ini, pengguna Instagram akan diizinkan untuk pin atau menyematkan tidak lebih dari tiga komentar. Prosesnya juga cukup sederhana. Pengguna cukup swipe komentar ke kiri.

Pin Komentar Instagram

Menggesek ke kiri berguna untuk melaporkan, menghapus, dan membalas. Di sebelah kiri opsi, akan terlihat ikon pushpin merah yang memungkinkan untuk menyematkan komentar tersebut.

{Baca juga: Mau Upload Foto Instagram via PC? Begini Cara Mudahnya!}

Fitur serupa sudah banyak diimplementasikan oleh layanan jejaring sosial lain, termasuk Twitter dan YouTube. Jadi, kehadiran fitur itu di Instagram akan membantu pengguna untuk mengelola profil.

Sebelumnya diberitakan, Instagram mulai mewajibkan pengguna untuk meminta izin sebelum repost postingan. Kepasa siapa harus meminta izin? Tak lain dan tak bukan kepada pihak pertama yang mengunggah postingan.

Instagram tidak menawarkan sublisensi untuk pemakaian postingan. Instagram perlu pihak ketiga untuk memberi hak dari pemegang hak cipta.

{Baca juga: Pengguna Instagram Wajib Izin Sebelum Unggah Postingan}

Bagaimana kalau pengguna tetap ngeyel? Instagram mengingatkan bakal ada proses hukum karena tuntutan pelanggaran hak cipta. Jadi, kini berhati-hatilah jika ingin mengunggah ulang postingan orang lain di Instagram.

“Tujuannya untuk memastikan mereka punya lisensi sebelum membagikan konten. Jika ingin mengunggah sebuah postingan dari Instagram, Anda perlu meminta izin dari pengunggah aslinya,” demikian kata Instagram. (SN/MF)

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here